Bank Tanah Sediakan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 14 Oktober 2024 | 06:30 WIB
Ilustrasi tanah untuk perumahan (Foto/Pixabay)
Ilustrasi tanah untuk perumahan (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Badan Bank Tanah dan PT Sarana Multigriya Finansial/SMF (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerja sama untuk mengatasi persoalan ketersediaan rumah (backlog) bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“MoU ini sejalan dengan tugas dan fungsi Badan Bank Tanah dalam menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan, salah satunya untuk kepentingan umum,” kata Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, menurut nota kesepahaman tersebut, pihaknya akan menyediakan lahan dengan harga yang kompetitif. Sementara SMF akan menyediakan pendanaan untuk pembangunan rumah tersebut.

Selain itu, SMF juga akan menyalurkan dana tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perseroan untuk subjek-subjek reforma agraria di atas hak pengelolaan lahan (HPL) Badan Bank Tanah.

Ia berharap bahwa kolaborasi tersebut mengatasi backlog perumahan serta menciptakan multiplier effect yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo menyatakan, dukungan dari Badan Bank Tanah merupakan hal yang penting untuk mengakselerasi penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Penandatanganan MoU ini buat kami sangat penting. Karena saat ini backlog perumahan untuk kepemilikan kurang lebih 10 juta rumah dan backlog kelayakan itu kurang lebih 26 juta,” ujarnya.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat ini masih dibutuhkan 12,7 juta unit rumah demi mewujudkan Indonesia zero backlog.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: