Negara Eropa yang Siap Akui Palestina Makin Bertambah

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 13 Oktober 2024 | 23:00 WIB
Eropa mulai akui Palestina (Foto/Pixabay)
Eropa mulai akui Palestina (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Duta Besar Palestina untuk Rusia Abdel Hafiz Nofal mengatakan, jumlah negara Eropa yang saat ini telah siap memberi pengakuan terhadap kedaulatan Palestina semakin bertambah banyak.

Ia mengatakan, Pemerintah Palestina bekerja keras untuk memenuhi tujuan kunci kebijakan luar negeri Palestina saat ini, yaitu memperjuangkan pengakuan Palestina merdeka dari negara-negara yang belum mengakuinya.

"Sekitar 149 negara sudah mengakui Negara Palestina dan sudah ada pula sejumlah negara Eropa yang siap memberi pengakuan lagi," kata Nofal dikutip dari Antara.

Namun ia belum menyebut secara rinci negara-negara Eropa yang dimaksud tersebut.

Selain itu, ia juga menyoroti sejumlah negara Amerika Latin seperti Bolivia, Venezuela, Kolombia, dan Nikaragua yang telah memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Israel sebagai protes atas agresi negara zionis itu terhadap rakyat Palestina.

Nofal juga meyakini bahwa solidaritas Amerika Latin atas Palestina dan hak asasi rakyat Palestina tak hanya dimiliki oleh pemerintahnya semata, namun juga meluas di kalangan rakyat biasa.

Perjuangan diplomasi Palestina tersebut dilakukan di tengah agresi Israel yang tak kunjung berhenti. Bahkan kini agresi Israel yang kejam meluas hingga Lebanon.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: