19 Oktober Memperingati Hari Apa? Simak Selengkapnya di Sini

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024 | 21:00 WIB
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto/freepik)
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Tanggal 19 Oktober memperingati apa saja? Menarik untuk diketahui bersama bahwa ada beberapa peringatan penting yang diakui baik secara nasional maupun internasional. 

Yuk, simak selengkapnya daftar peringatan hari penting yang dihimpun oleh Beritanasional.com.  

Berikut adalah beberapa peringatan yang diperingati pada tanggal tersebut

1. Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Selatan  

Setiap tanggal 19 Oktober, Provinsi Sulawesi Selatan merayakan hari jadinya. Pada tahun 2023, provinsi ini merayakan ulang tahunnya yang ke-354.  

Berdasarkan informasi dari situs resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, ide untuk menetapkan Hari Jadi Sulsel pertama kali muncul pada tahun 1993, ketika Mayor Jenderal H.Z.B Palaguna, Gubernur Sulsel saat itu, mengusulkan adanya momen kebersamaan yang bisa dirayakan oleh seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

2. Hari Peringatan Gempa Bumi Internasional  

Menurut National Today, sejak tahun 2009, Hari Peringatan Gempa Bumi Internasional diperingati setiap hari Kamis ketiga di bulan Oktober. Pada tahun 2023, peringatan ini jatuh pada 19 Oktober.  

Tujuan dari peringatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya respons cepat saat terjadi gempa. Gerakan edukasi gempa pertama kali dilakukan di California pada 13 November 2008 melalui acara yang dikenal sebagai "The Great Southern California Shakeout."

3. Hari Tulang dan Sendi Anak Sedunia

Setiap tanggal 19 Oktober, dunia memperingati Hari Tulang dan Sendi Anak Sedunia untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah muskuloskeletal pada anak-anak.  

National Day Calendar menjelaskan bahwa gangguan muskuloskeletal mencakup berbagai kondisi yang mempengaruhi sendi, ligamen, saraf, otot, dan tulang pada anak-anak.

4. Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia

Tanggal 19 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Aksi Kemanusiaan Sedunia, yang bertujuan untuk mengenang dan menghormati para pahlawan kemanusiaan.  

Hari ini menghormati mereka yang gugur dalam upaya menyelamatkan nyawa orang lain dan memperjuangkan hak-hak asasi manusia. Pengabdian dalam dunia kemanusiaan sering kali membawa risiko besar, dan peringatan ini menghargai mereka yang mengorbankan diri demi tujuan mulia.

5. Hari Tanpa Bra

Hari Tanpa Bra atau No Bra Day diperingati pada tanggal 19 Oktober setiap tahun, sebagai penghormatan kepada perempuan yang telah didiagnosis menderita kanker payudara.  

Hal ini pertama kali dipelopori oleh Dr. Mitchell Brown, seorang ahli bedah plastik asal Kanada, pada tahun 2011. Tujuan utama dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara, terutama dalam hal deteksi dini, pencegahan, dan opsi pengobatan.

(Helvi Handayani/Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: