Stasiun Pondok Rajeg Resmi Beroperasi, Budi Karya Minta Wali Kota Depok Bangun Terminal

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 15:00 WIB
Stasiun Pondok Rajeg. (Foto/PBTJ)
Stasiun Pondok Rajeg. (Foto/PBTJ)

BeritaNasional.com - Stasiun Kereta Api (KA) Pondok Rajeg di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, resmi beroperasi per hari ini, Sabtu (19/10/2024).

Peresmian stasiun tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Budi juga mengungkap pengalaman perjalanannya dengan kereta commuter dari Stasiun Nambo ke Pondok Rajeg.

"Bahagia sempat naik kereta api dari Nambo ke sini (Stasiun Pondok Rajeg)," ungkapnya.

Budi menjelaskan beroperasinya Stasiun Pondok Rajeg membuat wilayah-wilayah di Jabodetabek makin terhubung.

"KRL yang dikelola KCI sangat banyak. Pak Presiden selalu meminta kepada kami untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lain dengan dilengkapi dengan antar-moda. Mau ke Rangkasbitung, Bekasi, Tanah Abang jadi semua bisa," ucap Budi yang dikutip dari Antaranews..

Budi berharap Stasiun Pondok Rajeg ini bisa lebih intensif dan efektif.

"Semua koneksi kita bangun yang dengan kereta api dari KCI, pemerintah daerah. Stasiun Pondok Rajeg diharapkan lebih intensif. Saya mengajak tingkatkan efektivitas angkutan massal perkotaan," ucap Budi.

Seiring dengan diresmikannya stasiun ini, Budi meminta Pemkot Depok membangun terminal untuk mendukung moda transportasi ke Stasiun Pondok Rajeg.

"Saya harapkan, Pak Wali Kota, tolong dianggarkan untuk pembangunan terminal Tipe C pada jangkauan 1 sampai 5 km, bisa 10 bahkan 15 km," ujarnya.

Budi menilai ini menjadi kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah agar pelayanan terhadap warga Depok makin maksimal.

"Ini menjadi penting kolaborasi Pemda dan Pemerintah Pusat dan tentunya berita gembira kepada masyarakat Depok yang biasa menggunakan KRL," kata Budi.

Budi menambahkan perjalan satu kereta dengan kereta lain ini KRL di Pondok Rajeg masih satu jam sekali.

"Berkaitan dengan head way atau satu kereta dengan kereta yang lain, sekarang ini memang masih satu jam, kira-kira ditambah karena hari ini ramai," kata Budi.

Sementara itu, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan,  dengan hadirnya Stasiun Pondok Rajeg, warga Depok mendapat keuntungan yakni pembangunan yang merata.

"Keuntungan bagi kami dalam pemerataan pembangunan di wilayah-wilayah yang memang selama ini mungkin orang mengisukan Margonda sentris tapi ini ternyata sudah terjawab ya dijawab langsung oleh Pak Menteri," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: