Momen Jokowi-Ma’ruf Amin Berdiri Sejajar dengan Prabowo-Gibran, di Belakangnya Ada Pimpinan MPR

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 20 Oktober 2024 | 10:21 WIB
Suasana Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat akan mengikuti pelantikan presiden di Gedung MPR. (Foto/YouTube Setpres)
Suasana Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat akan mengikuti pelantikan presiden di Gedung MPR. (Foto/YouTube Setpres)

BeritaNasional.com - Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin berdiri sejajar dengan Presiden Terpilih Indonesia periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, menjelang pelantikan presiden pada Minggu (20/10/2024).

Lantas, di barisan kedua, tampak para pimpinan MPR periode 2024-2029. Di antaranya, Ketua MPR Ahmad Muzani, Wakil Ketua MPR I Bambang Wuryanto (Fraksi PDIP), Wakil Ketua MPR II Kahar Muzakir (Fraksi Golkar), dan Wakil Ketua MPR III Lestari Moerdijat (Fraksi NasDem).

Selain itu, Wakil Ketua MPR IV Rusdi Kirana (Fraksi PKB), Wakil Ketua MPR V Muhammad Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS), Wakil Ketua MPR VI Eddy Soeparno (Fraksi PAN), Wakil Ketua MPR VII Edhie Baskoro Yudhoyono (Fraksi Demokrat), dan Wakil Ketua MPR VIII Abcandra Muhammad Akbar Supratman (kelompok DPD).

Mereka tampak bersiap untuk menggelar sidang MPR pelantikan presiden-wakil presiden terpilih.

Diketahui, Prabowo-Gibran akan membacakan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 di gedung Kura-kura DPR, Senayan hari ini, Minggu (10/10/2024).

Ma’ruf Amin tiba di gedung Parlemen, Senayan sekitar pukul 09.43 WIB. Ia disambut langsung oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka serta Pimpinan MPR RI.

Beberapa menit berselang, Jokowi bersama dengan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di gedung Parlemen sekitar pukul 09.50 WIB. Saat tiba, Prabowo langsung menyambangi Jokowi yang turun dari mobil hitam bertuliskan Indonesia 1.

Seperti diketahui, hari ini Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029 oleh MPR RI. Keduanya akan dilantik dalam Sidang Paripurna MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Berdasarkan rangkaian agenda pelantikan presiden dan wakil presiden, acara akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan berakhir pada 11.23 WIB.

Agenda pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden akan digelar pada 10.26 WIB sampai 10.35 WIB.

Setelah penandatanganan berita acara pelantikan, akan ada prosesi pertukaran tempat duduk Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 dengan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

Selanjutnya, Prabowo akan menyampaikan pidato sebagai presiden 2024-2029.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: