PDIP Dukung Pemerintahan Prabowo tanpa Imbalan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 20 Oktober 2024 | 10:28 WIB
Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Deddy Yevri Sitorus mengatakan partainya akan mendukung pemerintahan Presiden Prabowo Subianto tanpa imbalan. PDIP dengan sepenuh hati mendukung Prabowo.

"Saya kira PDI Perjuangan akan mendukung pemerintahan ini untuk menjalankan segala hal yang dibutuhkan oleh rakyat kita, bangsa, dan negara kita, pada semua kebijakan itu yang memang baik yang secara fundamental dibutuhkan. Tentu, kami mendukung tanpa receive, sepenuh hati," kata Deddy di pelantikan presiden dan wakil presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Namun, PDIP juga siap kritis kepada pemerintahan Prabowo apabila keluar dari koridor kepentingan rakyat.

"Tetapi, hal-hal yang menurut kami keluar dari koridor kepentingan bangsa, rakyat, dan negara. Tentu, kami mengingatkan pemerintah secara kritis dan secara diplomatis," kata Deddy.

PDIP mengucapkan selamat atas pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden. PDIP berharap Prabowo bekerja mengurus bangsa dan negara menjadi lebih efektif.

"Dan, tentu serta ucapan selamat ini juga kami mendoakan agar semua yang dijanjikan pada saat pemilu kemarin benar-benar secara gradual bisa dipenuhi sehingga rakyat bisa menjadi semakin percaya bahwa setiap kampanye itu memang akan berdampak terhadap eksekusi kebijakan yang ditunggu rakyat," kata Deddy.

Menurut dia, ketidakhadiran Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam pelantikan Prabowo sebagai presiden bukan sinyal PDIP menjadi oposisi. Megawati tidak hadir sepenuhnya karena kurang sehat.

PDIP punya cara untuk meningkatkan pemerintah melalui perangkatnya di parlemen.

"Dan mengingatkan pemerintah itu dalam dengan berbagai macam cara, kami punya Ketua DPR RI, ya tentu itu akan memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan Presiden. Kami juga punya perwakilan di semua Komisi DPR RI, tentu itu bisa menjadi cara juga untuk menyampaikan kepada menteri-menteri terkait agar mempertimbangkan kebijakan atau rencana kebijakan yang dibuat," ujar Deddy.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: