Profil Elkan Baggott, Bek Tangguh yang Lama Menghilang dari Timnas Indonesia

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 | 14:01 WIB
Pemain sepak bola Timnas Indonesia Elkan Baggott (Foto/instagram/elkanbaggott).
Pemain sepak bola Timnas Indonesia Elkan Baggott (Foto/instagram/elkanbaggott).

BeritaNasional.com - Elkan William Tio Baggott atau lebih dikenal sebagai Elkan Baggott salah satu pemain Timnas Indonesia yang sudah lama tak berseragam Timnas Indonesia.  Ia adalah pemain berpostur tinggi dan berposisi di bek tengah.

Meski memiliki kesempatan untuk memperkuat tim nasional Inggris karena tempat tinggalnya, Baggott memilih untuk membela Tim Nasional Indonesia. Hal ini sangat dipengaruhi oleh rasa bangganya terhadap Indonesia dari sang ibu. 

Elkan memulai kariernya di akademi Ipswich Town, klub Inggris, sebelum dipromosikan ke tim utama. Meski masih muda, dia sudah mencatatkan beberapa penampilan untuk Ipswich Town di kompetisi liga, termasuk di EFL League One, dan juga dipinjamkan ke klub lain seperti Gillingham FC untuk mendapatkan jam terbang lebih banyak.

Kini Elkan dipinjamkan kembali ke Blackpool FC. Naasnya ia sekarang sedang mengalami cedera sejak bulan Agustus lalu.

Di tengah perjalanan kariernya di Eropa, Baggott menjadi sorotan besar karena memilih memperkuat tim nasional Indonesia meskipun punya peluang untuk membela tim nasional Inggris. Keputusannya memperkuat Indonesia menjadi momen penting dalam perjalanan kariernya. 

Elkan melakukan debut untuk Timnas Indonesia pada 16 November 2021, dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Afghanistan. Ia adalah pemain muda yang diandalkan pelatih Shin Tae-yong dalam beberapa turnamen penting, seperti Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia.

Di level internasional, Elkan Baggott telah memberikan kontribusi penting bagi tim nasional. Keberadaannya di lini belakang memberikan stabilitas dan kekuatan yang dibutuhkan tim. Kombinasi fisik yang kuat dan pengalaman di level klub membuat Baggott salah satu pemain kunci yang diandalkan Indonesia di masa depan.

Namun sayang, di tengah perjalanan Timnas Indonesia yang sedang menaik Shin Tae-yong tak meliriknya lagi. Hubungan keduanya dikabarkan tidak baik lantaran Elkan diduga mengabaikan panggilan Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-23.

Hal itu terjadi pada bulan Mei 2024 lalu. Elkan saat itu baru saja menyelesaikan musim bersama klubnya, kemudian dipanggil untuk memperkuat skuad Garuda U-23 yang sedang berlaga di Playoff Olimpiade 2024.

Hal itu menyusul kartu merah yang diterima oleh Rizky Ridho sehingga lini belakang Timnas U-23 kekurangan stok pemain. Sayangnya, Elkan disebut tak menerima panggilan tersebut dan membuat Shin Tae-yong enggan memanggilnya lagi sampai sekarang ini.

Padahal, Timnas Indonesia sedang berjuang untuk meraih tiket Piala Dunia 2026 melalui babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Peluang Timnas Indonesia masih terbuka meskipun di laga terakhir melawan China Indonesia tumbang dengan skor 1-2.

Berikut profil Elkan Baggott

Nama lengkap: Elkan William Tio Baggott

Tanggal lahir: 23 Oktober 2002

Tempat lahir: Bangkok, Thailand

Kewarganegaraan: Indonesia

Tinggi badan: 1,94 meter

Posisi: Bek tengah

Kaki dominan: Kaki kiri

(Nailil Hikmah / Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: