Presiden Prabowo Evaluasi Kabinet Setiap 6 Bulan Sekali

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Kamis, 24 Oktober 2024 | 01:30 WIB
Politis Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo (Ashar/SinPo.id)
Politis Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo (Ashar/SinPo.id)

BeritaNasional.com -  Presiden Prabowo Subianto akan mengevaluasi kinerja Kabinet Merah Putih setelah enam bulan setelah dilantik menjadi menteri dan wakil menteri.

Pernyataan ini disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo saat acara Dialog Ekonomi Kadin di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (23/10/2024). 

"Iya saya sudah dengar, bahwa setelah enam bulan, April tahun depan, setiap menteri dan wakil menteri akan dievaluasi," ujarnya. 

Ia mengatakan banyak mendapatkan kritik dan masukan tentang jumlah menteri serta wakil menteri yang ada di Kabinet Merah Putih yang berjumlah banyak. Presiden Prabowo memiliki 48 menteri dan 56 wakil menteri untuk membantu pekerjaannya sebagai kepala negara.

Hashim memastikan kakak akan konsisten mengevaluasi kinerja menteri dan wakil menteri setiap enam bulan. Itu ditujukan agar presiden bisa meninjau efektivitas kerja pembantunya dalam mengeksekusi setiap program yang dijalankan pemerintah.

"Ini kalau dalam enam bulan pertama, maaf, yang kurang efisien, korup, atau kurang berdaya atau mungkin lelah, kurang tenaga, akan dievaluasi. Dia (Prabowo) orangnya tegas. Saya kira banyak yang sudah tahu," cetusnya. 

Presiden Prabowo Subianto melantik sekaligus membentuk kabinet Merah Putih pada, Senin (21/10/ 2024). Pelantikan menteri, wakil menteri serta kepala badan tersebut digelar sehari seusai Prabowo mengucap sumpah jabatan di Sidang Paripurna MPR, Minggu (20/10/2024).sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: