Tim Cook Siapkan Rencana Investasi Baru di China

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 24 Oktober 2024 | 16:46 WIB
Tim Cook saat menyambangi Indonesia. (Foto/Setkab)
Tim Cook saat menyambangi Indonesia. (Foto/Setkab)

BeritaNasional.com -  CEO Apple, Tim Cook, pada Rabu (23/10/2024) mengungkapkan komitmennya untuk meningkatkan investasi di China saat melakukan kunjungan ke Beijing, China.

Dalam perjalanan keduanya ke daratan China tahun ini, Cook bertemu dengan Menteri Industri dan Teknologi Informasi China, Jin Zhuanglong, untuk membahas perkembangan Apple di sektor keamanan data online, dan layanan cloud.

Pada hari Selasa, (22/10/2024), Cook juga bertemu dengan Yang Jie, ketua perusahaan telekomunikasi China Mobile. Keduanya bertukar pandangan mengenai kemajuan kerjasama dalam aplikasi 5G, musik, dan video VR, melanjutkan program kerjasama yang sudah ada dalam bidang konten digital.

Cook juga bertemu dengan mahasiswa China di Distrik Shunyi, Beijing, untuk mengetahui bagaimana mereka menggunakan perangkat Apple untuk membantu petani menerapkan praktik yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Pada Agustus 2023, Yayasan China untuk Pembangunan Pedesaan meluncurkan proyek untuk membantu "halaman sains dan teknologi" dengan dukungan sosial. Apple menjadi perusahaan pertama yang mendukung proyek tersebut.

Li Huimin, seorang mahasiswa dari Universitas Pertanian China, bersama tim penelitiannya, sedang mengembangkan aplikasi iOS untuk memberikan peringatan cuaca ekstrem, identifikasi hama, dan peringatan hama guna meningkatkan hasil buah.

Aplikasi tersebut telah disetujui untuk pengujian dan akan diluncurkan setelah perbaikan lebih lanjut.

"Proyek yang saya lihat sangat mengesankan, dan para mahasiswa yang saya temui hari ini sangat termotivasi untuk memberikan dampak positif bagi komunitas pedesaan. Saya sangat senang melihat bagaimana mereka menggunakan teknologi untuk membantu petani meningkatkan produksi," ujar Cook.

Pengembang China telah berkembang pesat di App Store. Pada 2022, China menyumbang sekitar 51 persen dari total penagihan dan penjualan yang difasilitasi oleh ekosistem App Store, menurut studi oleh Analysis Group.

Selama kunjungannya ke Beijing, Cook juga mengunjungi salah satu toko ritel Apple di pusat kota dan bertemu dengan pengembang di perusahaan game China, Gala Sports.

Dalam kunjungannya ke Shanghai pada bulan Maret, Cook menegaskan komitmen jangka panjang perusahaan terhadap pasar China saat membuka toko ritel terbesar Apple di daratan China.

"Tidak ada rantai pasokan di dunia yang lebih penting bagi kami daripada China," kata Cook, sambil menekankan bahwa Apple akan memperkuat kerjasama jangka panjang dengan mitra rantai pasokannya di negeri gingseng dan bekerja sama dalam manufaktur ramah lingkungan dan cerdas untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan.

Kunjungan ini mencerminkan penekanan Apple pada pasar China serta strategi perusahaan yang menggabungkan karakteristik lokal dengan pemikiran global, kata Wu Shu, mitra pendiri Potential Capital yang berbasis di Beijing.

"Ini bisa dianggap sebagai peningkatan perhatian Apple terhadap pasar China, mencerminkan daya tarik kuat pasar China," tambah Wu.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: