Persib Bandung vs Lion City Sailors Imbang, Bojan Hodak Sebut Kartu Merah Ubah Permainan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 25 Oktober 2024 | 01:16 WIB
Gelandang Persib Tyronne Del Pino melakukan akselerasi di depan gawang Lion City Sailors di Stadion Si Jalak Harupat. (Foto/Persib)
Gelandang Persib Tyronne Del Pino melakukan akselerasi di depan gawang Lion City Sailors di Stadion Si Jalak Harupat. (Foto/Persib)

BeritaNasional.com - Pelatih Persib Bojan Hodak bersyukur atas raihan satu poin yang didapat kala bermain imbang 1-1 atas Lion City Sailors FC dalam laga ketiga AFC Champions League (ACL) 2 musim 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (24/10/2024).

Pelatih asal Kroasia ini menuturkan satu poin cukup bagus lantaran Persib bermain dengan sepuluh pemain setelah Dimas Drajad diganjar kartu merah pada menit ke-51 akibat bersitegang dengan pemain lawan.

"Pada akhirnya, kami seharusnya cukup senang dengan satu poin ini. Karena ketika bermain dengan kekurangan satu pemain di laga internasional, itu cukup sulit untuk menang," kata Hodak saat konferensi pers setelah pertandingan yang dikutip dari laman Persib.

Hodak menilai anak asuhnya bermain baik. Menurut dia, lini belakang lawan memang ketat, tetapi masih bisa ditembus. 

"Ada momen di mana mereka sembilan pemainnya berada di belakang bola, tapi kami menanti serangan balik dan bisa mencetak gol," ucapnya.

Sayang, keunggulan tidak bertahan lama. Menurut Hodak, gol balasan Lion City seharusnya tidak terjadi. Situasi itu semakin sulit dengan kurangnya pemain.

"Saya yakin seharusnya kami bisa memenangkan pertandingan, tapi kartu merah mengubah permainan," tandasnya.

Jalannya Pertandingan

Di babak pertama, Persib menurunkan Kevin Mendoza sebagai kiper sejak menit pertama. 

Gustavo Franca juga kembali bermain setelah absen karena cedera. Ia didampingi Kakang Rudianto dan Nick Kuipers.

Persib memainkan Henhen Herdiana, Edo Febriansah, Dedi Kusnandar dan Marc Klok untuk membantu Tyronne del Pino, Ciro Alves dan Dimas Drajad sebagai penghuni lini serang.

Persib mendapat peluang dari Del Pino yang berada di dalam kotak penalti. Namun, tembakannya hanya mengenai jala gawang bagian luar. Di menit 27, sepak pojok Marc Klok mengarah langsung ke gawang, tapi bola bisa ditepis kiper Lion City, M. Izwan.

Di menit 43, kebuntuan pecah setelah Tyronne menuntaskan umpan terobosan Dimas Drajad. Setelah tambahan waktu satu menit, babak pertama pun berakhir.

Persib unggul terlebih dahulu melalui gol Tyronne Del Pino menit 43 sebelum disamakan pemain Lion City Sailors, Bailey Wrights pada menit 49.

Dalam pertandingan ini, Persib harus berjuang dengan 10 pemain setelah Muhammad Dimas Drajad diganjar kartu merah pada menit 51 akibat pelanggaran yang dilakukannya. 

Persib terus bermain menyerang. Di menit 63, Ciro Alves lolos dari penjagaan dan menerobos masuk ke dalam kotak penalti Lion City. Sayang, tembakannya kerasnya masih bisa dibendung oleh Izwan.

Di menit ke-79, Persib memasukkan Adam Alis menggantikan Del Pino. Di menit 83, dua pergantian dilakukan Persib. Robi Darwis dan Mailson Lima masuk menggantikan Henhen Herdiana dan Ciro Alves.

Pertandingan memasuki waktu tambahan enam menit. Persib kembali melakukan pergantian di lini tengah dengan mengganti Marc Klok oleh Rachmat Irianto di menit 90+2.

Di menit 90+6, Lion City pun bermain dengan 10 pemain setelah Bart Ramselaar menerima kartu merah akibat tekel keras kepada Edo Febriansah. Laga pun berakhir dengan skor Persib 1-1 Lion City Sailors

Hasil ini belum mengangkat posisi Persib dari peringkat 4 dengan mengumpulkan nilai 1. 

Sementara itu, Lion City Sailor di peringkat kedua dengan nilai 4. Peringkat pertama diduduki Port FC dengan nilai 6 dan Zhejiang FC di peringkat 3 dengan nilai 3.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: