Pengamat Nilai Prabowo Ingin Para Menteri Mengerti Arti Nasionalisme

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 27 Oktober 2024 | 14:00 WIB
Prabowo beri pelatihan militer ke para menteri  (Beritanasional/Elvis)
Prabowo beri pelatihan militer ke para menteri (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Pengamat politik UIN Jakarta Zaki Mubarak menilai Presiden Prabowo Subianto ingin membuat para menterinya mengerti arti nasionalisme agar tidak korupsi.

Menurut Zaki, salah satu caranya adalah memberikan latihan militer untuk meningkatkan disiplin dan kekompakan di jajaran Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang.

“Mungkin Prabowo melihat banyaknya korupsi, kolusi dan nepotisme di kalangan pejabat akarnya adalah rendahnya nasionalisme,” ujar Zaki kepada Beritanasional.com, Minggu (27/10/2024).

Zaki menilai cara Prabowo sangat bagus dalam menggembleng para menteri dengan cara militer. Meski demikian, ia menilai masih banyak caara atau pendekatan lain agar menteri tak korupsi.

“Misalnya, meminta seluruh anggota kabinet secara rutin untuk tinggal bersama warga miskin, atau di wilayah yang dianggap paling tertinggal, supaya semangat kerakyatan makin kuat,” tuturnya.

Ia menilai metode tersebut bakal membuat para menteri peduli pada wong cilik dalam membuat sebuah kebijakan.

“Hal positifnya ya memberikan energi baru bagi anggota kabinet untuk lebih semangat, disiplin, lebih nasionalistik, dan tidak menggadaikan kepentingan bangsa,” kata dia.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menegaskan agenda Retreat Kabinet Merah Putih di Magelang bukan bermaksud militeristik.

Meski berisikan latihan dan pengarahan kepada seluruh jajaran Menteri dan Wakil Menteri, Prabowo menilai hal tersebut untuk menyelaraskan kedisiplinan dan kesetiaan pada bangsa dan negara.

“Saya tidak bermaksud membuat anda militeristik, salah, bukan itu,” ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan the military way ditiru banyak pemerintah terutama perusahaan-perusahaan yang intiknya menekankan pada kedisiplinan.

“The military way inti dari semua perusahaan adalah disiplin. Kedua, kesetiaan benar-benar minta saudara tidak setia kepada Prabowo, setia kepada bangsa dan negara Indonesia,” tegasnya.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: