RK Komitmen Bangun Lembaga Adat Budaya Betawi

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 27 Oktober 2024 | 11:56 WIB
Boneka Ondel-ondel di kampung Keramat Pulo, Senen, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Boneka Ondel-ondel di kampung Keramat Pulo, Senen, Jakarta. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil akan membentuk Lembaga Adat Budaya Betawi untuk melestarikan budaya Betawi di Jakarta.

Pria yang akrab disapa RK ini menjelaskan pembentukan lembaga adat ini akan dilakukannya tiga bulan setelah ia memenangkan kontestasi Pilgub Jakarta 2024.

"Tiga bulan pertama jika saya terpilih jadi Gubernur Jakarta, saya akan membentuk Lembaga Adat Budaya Betawi," ujarnya. 

Pembentukan lembaga adat ini sambungnya merupakan bentuk komitmen dalam mengembangkan budaya Betawi dan menjalankan amanat Undang-undang Daerah Khusus Jakarta.

Pernyataan ini disampaikm Ridwan saat hadir di acara deklarasi Ormas Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara) di Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2024).

Untuk diketahui RK bersama Suswono mengusung pelestarian pranata dan ekspresi budaya Betawi dalam program Jakarta Baru Jakarta Maju. 

Beberapa cara yang akan ditempuh yakni dengan membentuk kelembagaan adat dan budaya Betawi, sebagai sistem yang menata proses dan kegiatan kebudayaan secara resmi. 

Pranata tersebut tercipta karena peraturan dan norma yang telah disetujui bersama dan masyarakat berperan sebagai subjek dengan tujuan mewujudkan Perda Kelembagaan Adat Betawi.

Ridwan Kamil-Suswono juga akan melakukan pengembangan ekosistem kebudayaan Betawi di antaranya melalui penambahan wilayah budaya atau kampung betawi, menciptakan berbagai sentra ekonomi wisata dalam memajukan kebudayaan Betawi. 

Selain itu, pasangan ini juga akan mendukung pelestarian kesenian dan ekspresi budaya Betawi dengan dukungan terhadap berbagai ekspresi dan ruang kebudayaan Betawi serta penyelenggaraan Festival Kesenian Betawi.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: