Begini Persiapan Ridwan Kamil Hadapi Debat Kedua Pilgub Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 27 Oktober 2024 | 18:45 WIB
RK siap hadapi debat kedua Pilgub Jakarta (Beritanasional/Lydia)
RK siap hadapi debat kedua Pilgub Jakarta (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) membagikan persiapannya dalam menjalani debat kedua yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI.

Adapun debat calon gubernur dan calon wakil gubernur ini akan dilaksanakan di Beach City Internasional Stadium (BCIS), Jakarta Utara pada Minggu (27/10/2024) pukul 19.00 WIB.

RK mengatakan, persiapannya hanya berupa istirahat yang cukup sambil menghafalkan poin-poin yang akan dia sampaikan saat debat.

"Persiapannya istirahat cukup, mandi ganteng, ngapal-ngapalin pointer-pointer, latihan di kamar mandi, ngepas-ngepasin waktu," kata RK kepada wartawan.

RK berujar, hal-hal yang kerap menjadi tantangan saat berada di panggung debat adalah waktu yang terbatas. Oleh karena itu, dia berharap bisa menyampaikan gagasannya secara utuh di waktu yang terbatas itu.

"Mudah-mudahan tinggal berdoa dilancarkan. Namanya debat, problem-nya kadang-kadang bukan substansi, tapi ngejar waktu semenit-semenit yang pendek, seninya memang di sana," ujar RK.

"Kenapa perlu latihan? Bukan tentang isinya saja, tapi bagaimana waktu yang pendek menyampaikan hal-hal mudah dipahami. Jadi insya Allah siap," lanjut RK. 

Diberitakan sebelumnya, ekonomi dan kesejahteraan sosial menjadi tema debat kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 yang berlangsung di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024) pukul 19.00 WIB.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Wahyu Dinata menjelaskan, tema ini terdiri dari enam subtema, yaitu infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan, penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta inflasi bahan pokok. Ia menyampaikan, para panelis adalah pakar atau ahli di bidangnya masing-masing sesuai tema debat nanti.

“KPU menetapkan ketujuh panelis yang berasal dari berbagai bidang keilmuan yang relevan untuk tema debat kedua nanti,” ujarnya yang dikutip dari laman Berita Jakarta pada Sabtu (26/10/2024).

Wahyu menyampaikan segmen debat sama dengan debat pertama. Segmen 1 yakni penyampaian visi misi program masing-masing pasangan calon, segmen 2 dan 3 yaitu pendalaman visi misi oleh moderator. 

Segmen 4 dan 5 yakni tanya jawab antarpaslon dan segmen 6 penyampaian pernyataan penutup masing-masing paslon.

“Pelaksanaan debat berlangsung selama 150 menit dan juga ditayangkan di sejumlah stasiun televisi penyelenggara debat,” ucapnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: