Penghargaan Ballon d'Or 2024: Pemain Real Madrid Mendominasi

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 29 Oktober 2024 | 00:01 WIB
Trofi penghargaan Ballon d'Or 2024. (Foto/dok.FIFA Museum)
Trofi penghargaan Ballon d'Or 2024. (Foto/dok.FIFA Museum)

BeritaNasional.com -  Penghargaan Ballon d'Or 2024 akan diadakan malam ini di Théâtre du Châtelet, Paris, Prancis. Acara bergengsi ini dijadwalkan berlangsung pada Senin, 28 Oktober 2024, waktu setempat, atau Selasa, 29 Oktober 2024, dini hari WIB.

Ajang ini bertujuan untuk mencari pemain terbaik dalam sepak bola Eropa.

Kategori yang Diperebutkan

Terdapat beberapa kategori yang akan diperebutkan di Ballon d'Or 2024, termasuk:

1. Pemain Putra Terbaik

2. Pemain Putri Terbaik

3. Klub Putra Terbaik

4. Klub Putri Terbaik

5. Striker Terbaik

6. Kiper Terbaik

7. Pemain Muda Terbaik

8. Pelatih Putra dan Putri Terbaik

9. Pesepak Bola dengan Dampak Kemanusiaan Tinggi

Kategori yang paling prestisius adalah Ballon d'Or untuk pria dan wanita, di mana masing-masing kategori akan diperebutkan oleh 30 calon pemenang.

Dominasi Pemain Real Madrid dan Pesaing di Kategori Wanita

Pada kategori pria, Real Madrid mendominasi dengan tujuh pemain yang bersaing, yaitu Vinicius Junior, Jude Bellingham, Dani Carvajal, Toni Kroos, Antonio Ruediger, Federico Valverde, dan Kylian Mbappé, meskipun Mbappé dinilai saat masih berseragam Paris Saint-Germain pada musim lalu.

Di kategori wanita, beberapa nama top bersaing, termasuk Lucy Bronze, Lauren James, Aitana Bonmatí, dan Mariona Caldentey, untuk merebut gelar Ballon d'Or Feminina tahun ini.

Ballon d'Or adalah ajang yang diinisiasi oleh majalah France Football sejak tahun 1950-an. Pada edisi kali ini, UEFA menjadi co-penyelenggara, sementara France Football tetap memegang hak atas aturan pemungutan suara dan penamaan penghargaan.

Acara Ballon d'Or 2024 dijadwalkan mulai pukul 20.45 waktu setempat, atau sekitar pukul 02.45 WIB pada Selasa, 29 Oktober 2024. Semua mata akan tertuju pada malam penghargaan ini untuk melihat siapa yang akan dinobatkan sebagai yang terbaik dalam dunia sepak bola.


Fadia Rahma Baitullah/Magangsinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: