Pemprov DKI Jamin Jakarta Tak Banjir Jika Hujan Kurang dari 5 Jam

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 19 Maret 2024 | 10:50 WIB
Ilustrasi musim hujan. (Foto/freepik)
Ilustrasi musim hujan. (Foto/freepik)

Indonesiaglobe.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengklaim permasalahan banjir di Ibu kota dapat teratasi, jika hujan tak terjadi selama lebih dari lima jam.

"Kalau di bawah lima jam, curah hujan di bawah 150 mm semua masih bisa diatasi," kata Heru kepada wartawan di Jakarta Pusat, dikutip Selasa (19/3/2024).

Ia pun mengakui bahwa Jakarta akan tergenang banjir jika hujan terjadi selama lebih dari lima jam. Sebab, kemampuan drainase di Jakarta terbatas.

"Drainase kita hanya menampung maksimum makro 150 mm, kalau mikro 100 memang masih di area tertentu Jakarta mengalami banjir jika curah hujan cukup tinggi dan curah hujan tidak henti di atas lima jam," jelas Heru.

Maka dari itu, Heru menilai bahwa Jakarta perlu memiliki banyak embung untuk mengatasi persoalan banjir.

"Kita perlu embung cukup banyak, perlu pompanisasi yang saat ini pompa mobile ada sekitar 580 dan semuanya aktif. Hanya ada 10 yang sedang perbaikan ringan," ungkap Heru.

"Mudah-mudahan tidak (banjir) lebih dari 24 jam. Kan langsung dibantu alat pompa ke titik lokasi. Bahkan di satu lokasi, lima sampai enam mobil pompa menuju lokasi," imbuhnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: