4 Tips Ampuh Berolahraga saat Puasa

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 21 Maret 2024 | 00:47 WIB
Ilustrasi berolahraga. (Foto/freepik)
Ilustrasi berolahraga. (Foto/freepik)

Indonesiaglobe.id - Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan dan akan membuat tubuh bugar. 

Tidak hanya pada hari-hari biasa, olahraga juga perlu dilakukan pada saat Ramadhan.

Meski terasa sedikit lebih berat, namun olahraga saat puasa Ramadhan memiliki banyak manfaat.

Berikut ini tips-tipa berolahraga saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2024).

1. Waktu Berolahraga

Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga. Pasalnya, waktu yang tepat akan membuat tubuh tidak terlalu lelah. Cobalah berolahraga sebelum atau usai berbuka puasa.

Berolahraga usai berbuka puasa akan memperbaiki metabolisme tubuh dan menjaga badan tetap bugar supaya berpuasa jadi lebih menyenangkan.

2. Olahraga Ringan

Olahraga ringan merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin tetap bugar selama menjalani ibadah puasa. Cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan pemanasan sebelum berolahraga.

Anda bisa mencoba berjalan santai dilanjut dengan latihan lari ringan atau jogging. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi pilihan olahraga ringan sebelum berbuka puasa.

3. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur merupakan salah satu indikator penting dalam berpuasa. Kegiatan menyantap makanan ini juga akan memberikan sisa-sisa energi jika Anda ingin berolahraga sebelum berbuka puasa.

Dengan menjaga asupan makan, Anda bisa mengubah zat-zat yang ada dalam sajian tersebut menjadi energi selama berpuasa di bulan Ramadhan.

4. Minum Air Mineral

Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman manis atau memiliki rasa dan perbanyak konsumsi air mineral. 

Hal tersebut guna menghindari rasa haus saat berolahraga sebelum berbuka puasa.

Selain itu, air mineral juga bisa membuat tubuh terhidrasi agar tidak mudah lelah saat berolahraga maupun menunaikan ibadah puasa Ramadhan.sinpo

Editor: Tim Redaksi
Komentar: