8 Gejala Batu Empedu yang Perlu Diwaspadai, Jangan Remehkan!

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 21 Maret 2024 | 21:00 WIB
Pasien sakit batu empedu (Foto/Health Grades)
Pasien sakit batu empedu (Foto/Health Grades)

Indonesiaglobe.id - Sakit batu empedu jarang disadari oleh banyak orang. Padahal jika diabaikan penyakit batu empedu cukup berbahaya. Oleh karena itu terdapat berbagai gejala batu empedu yang penting untuk diwaspadai.

Dikutip dari Siloam Hospitals, terdapat gejala batu empedu yang harus diwaspadai. Apa saja?

1. Nyeri pada Perut Kanan Atas
Gejala awal batu empedu salah satunya rasa nyeri pada perut bagian kanan atas yang dapat menjalar hingga ke punggung dan bahu. Kondisi ini kadang datang tiba-tiba. Rasa nyeri tersebut dipicu oleh konsumsi makanan penyebab batu empedu, seperti makanan tinggi lemak. 

Apalagi sering konsumsi makanan berlemak bisa memicu terbentuknya kristal atau batu kolesterol di kantung empedu. Akibatnya kolesterol berlebih yang tidak dapat dilarutkan semuanya oleh cairan empedu.

Rasa nyeri akibat batu empedu ini dapat berlangsung selama 1–5 jam. Bahkan, rasa nyeri tersebut bisa tidak kunjung mereda selama beberapa hari meski telah buang air besar.

2. Penyakit Kuning
Gejala batu empedu yang perlu diwaspadai adalah penyakit kuning (jaundice, ikterus). Perlu diketahui bahwa batu empedu yang mengendap di saluran empedu dapat menghalangi dan menghambat aliran cairan empedu (kolestasis). Akibatnya, cairan empedu yang mengandung bilirubin tersebut akan bocor ke dalam darah sehingga menyebabkan warna kulit dan mata menguning.

3. Demam
Batu empedu merupakan kondisi yang dapat menyumbat aliran cairan empedu sehingga berisiko menyebabkan terjadinya infeksi pada kantung empedu. Infeksi inilah yang dapat menimbulkan gejala berupa demam.

4. Mual dan Muntah
Batu empedu yang telah berlangsung lama juga dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan, seperti mual dan muntah. Gejala ini juga bisa terjadi sebagai respons tubuh terhadap rasa nyeri hebat pada perut akibat batu empedu.

Pada kasus yang lebih parah, gejala batu empedu juga dapat ditandai dengan diare kronis. Gejala ini dapat terjadi karena batu empedu telah memengaruhi sistem pencernaan lainnya, seperti usus halus dan pankreas.

5. Perubahan Warna Urin
Selain bikin kulit menguning, kelebihan bilirubin di dalam darah akibat batu empedu ini juga akan dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal melalui urine. Karena kandungan bilirubin yang tinggi inilah, urine cenderung berwarna lebih gelap, seperti kecokelatan atau merah tua.

6. Tinja Lebih Pucat
Salah satu gejalanya perubahan warna tinja menjadi lebih pucat dan menyerupai tanah liat. Pasalnya, batu empedu dapat menghambat aliran cairan empedu yang berfungsi untuk memberikan warna pada tinja.

7. Penurunan Nafsu Makan
 Menderita batu empedu bikin penderitanya kehilangan nafsu makan akibat gangguan pada sistem pencernaan.

8. Kulit Terasa Gatal
Penderita batu empedu sering merasa kulitnya gatal. Gejala gatal ini bisa terjadi karena penumpukan garam empedu di dalam darah akibat tersumbatnya saluran empedu menuju usus.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: