Polri Imbau Masyarakat Hindari Mudik 5 April, Kenapa?

Oleh: Mufit
Kamis, 21 Maret 2024 | 15:44 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)

Indonesiaglobe.id -  Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunuyudo Wisnu Andiko, memprediksi puncak mudik Lebaran akan terjadi pada 5 April 2024. 

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik Lebaran pada tanggal tersebut, karena untuk menghindari kemacetan

"Bagi masyarakat agar memilih waktu atau tidak melakukan mudik pada waktu puncak mudik," kata Trunuyudo kepada wartawan di Mabes Polri, Kamis (21/3/2024).

Begitu juga sebaliknya, dia mengingatkan masyarakat untuk memilih waktu keberangkatan arus balik di hari yang tepat untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, Trunuyudo juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik menggunakan kendaraan roda dua alis sepeda motor. 

Sebab, berdasarkan data Mudik Lebaran tahun lalu, angka kecalakaan lalu lintas hampir tembus 70 persen. Hal tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua.

“Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua pada saat melakukan mudik lebaran, dikarenakan kendaraan yang tidak diperuntukkan untuk perjalanan jauh," ucapnya. 

"Hasil anev (analisis dan evaluasi) kami, pelaksanaan sebelumnya bahwa kendaraan roda dua yang menyumbang korban kecelakaan lalu lintas tertinggi, termasuk korban meninggal dunia,” sambungnya Trunoyudo.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: