Gol Tunggal Egy Maulana Bawa Indonesia Menang atas Vietnam

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 21 Maret 2024 | 22:41 WIB
Timnas Indonesia. (foto/PSSI)
Timnas Indonesia. (foto/PSSI)

Indonesiaglobe.id - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Vietnam dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024) malam. Gol tunggal  Egy Maulana membuat Indonesia memastikan tiga poin di depan publik sendiri.

Sejak awal peluit babak pertama, Vietnam langsung bermain agresif dengan menguasai bola. Bahkan, ketika Indonesia memegang bola para pemain Vietnam langsung melakukan strategi pressing yang ketat.

Alhasil, anak asuh Shin Tae-yong ini hanya bisa mengandalkan umpan-umpan panjang saja. Sesekali, Indonesia membangun serangan dari kaki ke kaki, tapi selalu kandas lantaran pemain Vietnam sangat bermain agresif.

Vietnam sempat menciptakan peluang berbahaya melalui skema lemparan ke dalam. Beberapa kali kemelut terjadi di dalam kotak penalti Indonesia namun bisa diantisipasi oleh Rizky Ridho Cs yang bermain sangat disiplin.

Menjelang 30 menit laga berjalan, Indonesia mengancam melalui serangan yang dilakukan oleh Rafael Struick setelah aksi individunya mengecoh beberapa pemain Vietnam dan selanjutnya melakukan sepakan ke gawang. Namun bola masih bisa diamankan oleh Nguyen Filip.

Hingga peluit dibunyikan wasit, skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Shin Tae-yong memasukan tiga pergantian pemain. Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, dan Sandy Walsh masuk menggantikan Nathan Tjoe-A-On, Hokky Caraka, dan Yakob Sayuri.

Pergantian pemain ini berbuah hasil. Di menit ke-51 Indonesia mencetak gol setelah skema lemparan ke dalam dari Pratama Arhan terjadi kemelut di kotak penalti Vietnam, kemudian bola mengarah ke Egy Maulana yang berdiri bebas. 

Tanpa kesulitan, pemain Dewa United itu memasukan si kulit bundar ke gawang Vietnam. Skor pun berubah menjadi 1-0 bagi keunggulan Timnas Indonesia.

Setelah Indonesia mencetak gol permain menjadi cair. Vietnam yang tak mau kehilangan poin langsung bermain agresif. Mereka mencoba menekan gawang Indonesia yang dikawal oleh Adi Satryo.

Akan tetapi, Jay Idzes bermain apik untuk mematahkan serangan-serangan yang dibangun oleh Vietnam. Hal ini membuat Vietnam frustasi dan sesekali melakukan aksi yang memancing emosi para pemain Indonesia.

Walau ditekan, Indonesia sempat menggandakan kedudukan di akhir babak kedua. Bermula dari Arhan yang memberikan umpan tarik ke Egy yang ada di dalam kotak penalti kemudian menyontek bola ke gawang Vietnam. Namun Nguyen Filip bisa menepis sepakan Egy. Skor pun tak berubah tetap 1-0 untuk Indonesia.

Wasit pun meniup peluit panjang yang menandakan babak kedua berakhir. Skor 1-0 pun menjadi kemenangan bagi Indonesia atas Vietnam.

Bisa dibilang, kemenangan 1-0 ini menjadi penting karena membawa Indonesia naik ke urutan kedua grup F dengan mengoleksi empat poin. Sedangkan, Vietnam berada di posisi ketiga klasemen sementara.

Susunan Pemain Inti Indonesia vs Vietnam:

Indonesia: Muhammad Adi Satryo; Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Witan Sulaeman, Hokky Caraka, Rafael Struick.

Vietnam: Nguyen Filip (PG); Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh; Do Hung Dung, Nguyen Thai Son, Nguyen Hoang Duc; Nham Manh Dung, Nguyen Dinh Bac.sinpo

Komentar: