Jelang Mudik, DPR Minta Terminal dan Bandara Fasilitasnya Dilengkapi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 22 Maret 2024 | 14:00 WIB
Fasilitas bandara perlu dilengkapi (Foto/Freepik)
Fasilitas bandara perlu dilengkapi (Foto/Freepik)

Indonesiaglobe.id - Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi memberikan sejumlah catatan untuk kesiapan moda transportasi selama mudik Tahun 2024. Fauzi menilai perlu ditingkatkan keamanan dan kenyamanan transportasi untuk masyarakat.

"Bicara alat transportasi itu ada dua pendekatannya yaitu keamanan dan kenyamanan," ujarnya dikutip Jumat (22/3/2024).

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah dimulai dari keberangkatan, yaitu sarana bandara dan terminal. Pemerintah perlu menyiapkannya sebaik mungkin.

"Mulai dari ruang tunggu daripada penumpang yang masih ada di beberapa tempat yang kecenderungannya kadang-kadang tidak manusiawi, terutama di pelabuhan, di pelabuhan ini masih banyak perlu kita perbaiki," kata Fauzi.

Secara khususnya, Fauzi menyoroti fasilitas di terminal dan bandara. Perlu lengkap fasilitas kesehatan, tempat ibadah sampai juga masalah toilet umum yang sering kali tidak layak.

"Jangan sampai fasilitas-fasilitas tersebut itu mengganggu para pemudik pada saat dia menggunakan sarana-sarana penunjang transportasi itu," ujarnya.

Fauzi juga mengingatkan agar jalan-jalan diperbaiki. Berbahaya jika pemudik melalui jalan berlubang.

Masalahnya selama ini biaya pemeliharaan jalan sangat rendah. Ditambah lagi banyak truk melebihi kapasitas melintas sehingga jalan-jalan menjadi rusak.

"Padahal kalau itu dialokasikan secara maksimal, maka saya yakin pembiayaannya akan lebih murah dibanding kita buat jalan baru atau memperbaiki secara total," ujarnya.

Selain itu masyarakat juga diminta memperhatikan laporan BMKG terkait prakiraan cuaca. Perlu dipertimbangkan masyarakat jalan di hari yang baik supaya aman.

"Itu mungkin kapan yang baik kita harus mudik, dengan mempertimbangkan apa cuaca yang diperkirakan oleh teman-teman BMKG sebenarnya sesuatu hal yang apa yang baik ini dalam rangka kita bagaimana mudik kita aman," ujar Fauzi.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: