Olahraga yang Disarankan saat Ibadah Puasa, Ada Jogging hingga Bulu Tangkis

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 24 Maret 2024 | 20:24 WIB
Ilustrasi olahraga. (Foto/freepik)
Ilustrasi olahraga. (Foto/freepik)

Indonesiaglobe.id - Bulan puasa bukan penghalang untuk malas berolahraga. Berbagai aktivitas fisik masih dapat dilakukan selama berpuasa agar tubuh tetap bugar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, menjelaskan berjalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat berpuasa.

Selain itu, terdapat beberapa olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat dilakukan saat berpuasa. 

Beberapa olaraga itu antara lain, jogging, senam atau bermain bulu tangkis. 

Ia menyarankan agar olahraga dilakukan dengan minimal 150 menit per Minggu atau sekitar 30 menit lima kali per hari, untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal.

“Penjadwalan ini memungkinkan tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup, sekaligus memastikan bahwa kita tetap aktif dan sehat,” kata Ani dalam keterangannya, Minggu (24/3/2024).

Ani berujar, olahraga tersebut idealnya dilakukan menjelang waktu berbuka puasa agar tubuh dapat segera terhidrasi kembali setelahnya.

“Kriteria utamanya adalah saat melakukan olahraga tersebut, kita masih mampu untuk bernyanyi, yang menandakan bahwa kita tidak terlalu kelelahan,” ujar Ani.

Ani menambahkan, berolahraga saat puasa bertujuan merangsang setiap anggota tubuh tetap merasakan manfaat kesehatan meskipun dalam kondisi berpuasa.

Pasalnya, manfaat dari berolahraga saat berpuasa terletak pada kemampuan untuk mempercepat proses pemecahan glukosa dan lemak menjadi energi. 

Hal ini sangat penting karena selama berpuasa asupan makanan terbatas hanya pada saat sahur dan berbuka.

“Dengan berolahraga, kita bisa mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh, menjaga berat badan tetap ideal, dan tentunya menjaga stamina dan energi kita sepanjang hari,” tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: