DPRD DKI: Gen Z Jadi Tulang Punggung Ekonomi Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 29 Maret 2024 | 13:00 WIB
Ilustrasi Gen Z sedang bekerja (Foto/Freepik)
Ilustrasi Gen Z sedang bekerja (Foto/Freepik)

Indonesiaglobe.id -  Anggota Komisi C DPRD DKI Esti Arimi Putri menilai, Gen Z menjadi tulang punggung perekonomian di Ibukota. Di Jakarta, jumlah generasi Z saat ini adalah 7 juta jiwa atau 25,65 persen dari total penduduk.

Politisi Gerindra ini berujar, Generasi Z terus menciptakan budaya baru dalam kegiatan ekonomi, khususnya yang berkaitan dengan modernisasi dan digital.

"Generasi Z ini sekarang backbone (tulang punggung) perekonomian kita. Sepertinya memang ada di Generasi Z potret ekonomi Jakarta, yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Jakarta," kata Esti di Press Room Balaikota, Kamis (28/3/2024).

Oleh karena itu, ia mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan reformasi digital secara menyeluruh.

"Generasi Z itu belanja pasti di Tiktok, di Shopee dan sebagainya. Nah itu juga yang harus diperhatikan bagaimana peluang digital reformasi ini juga diikut sertakan keberadaannya," jelas Esti.

"Karena walaupun mereka terkenal dengan generasi instannya tapi mereka ini adalah salah satu distribusi sirkulasi ekonomi di DKI Jakarta," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta Mochamad Abbas mengatakan, salah satu pendapatan yang diandalkan DKI Jakarta adalah pajak. Apalagi, nantinya akan ada Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang akan segera diterapkan.

Pasalnya, akan ada penyesuaian terkait perpajakan di Jakarta usai tak lagi menjadi Ibukota, termasuk dalam hal reformasi digital.

"Nah dengan formulasi-formasi ke depan seperti apa juga itu lagi diskusikan lebih lanjut. Tapi saya yakin apapun kebijakan yang nanti akan diambil pasti juga memperhatikan daya belinya masyarakat, memperhatikan juga kebutuhan dari pemerintah daerah terkait dengan PAD-nya," kata Abbas.

Untuk itu, Abbas akan mengajak perusahaan penyedia aplikasi dan pengusaha yang disasar para Generasi Z agar tetap membantu mengendalikan harga demi menekan inflasi.

"Enggak menutup kemungkinan memperhatikan juga para pihak-pihak yang investor atau para pengusaha yang sudah melakukan bisnisnya di kota Jakarta ini," pungkasnya.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: