Panglima TNI Ungkap Dugaan Penyebab Kebakaran di Gudang Amunisi Bogor

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 31 Maret 2024 | 13:35 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Indonesiaglobe/Elvis Sendouw)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Indonesiaglobe/Elvis Sendouw)

Indonesiaglobe.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut dugaan sementara penyebab kebakaran di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor, salah satunya dikarenakan amunisi yang sudah expired alias kedaluwarsa.

Dijelaskan Agus bilamana amunisi yang sudah kedaluwarsa memang sangat sensitif meledak. Semisalya, gesekan sedikit ataupun gerakan amunisi bisa membuat terjadinya ledakan.

“Kalau sudah expired itu relatif sensitif dia. Labil, dia kena gesekan panas akan mudah meledak,” kata Agus dalam konferensi pers, Minggu (31/3/2024).

Karena itulah, menurut Agus dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran di gudang munisi karena adanya gesekan. Namun demikian, hal itu masih dilakukan investigasi secara mendalam lebih lanjut oleh jajarannya.

“Bisa dari situ. Sementara bisa dari itu salah satunya (penyebab kebakaran),” tutur Agus.

Selain itu, Agus menjelaskan apabila TNI sejatinya sudah melakukan mitigasi mengenai potensi adanya ledakan amunisi kedaluwarsa tersebut. Salah satunya, yakni penyimpanan yang dilakukan di bawah tanah, serta jauh dari pemukiman warga.

“Mangkanya kita punya SOP (standard operasional prosedur) peledakan di bawah tanah karena labil tersebut, sewaktu-waktu bisa meledak dan SOP kita berada di bawah tanah,” tukasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: