KAI Daop 1 Jakarta Terjunkan 591 Personel untuk Amankan Mudik 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 31 Maret 2024 | 21:16 WIB
Suasana pemudik di Pasar Senen H-10 Lebaran. (Foto/Ahda Bayhaqi)
Suasana pemudik di Pasar Senen H-10 Lebaran. (Foto/Ahda Bayhaqi)

Indonesiaglobe.id - Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, menyiapkan 591 personel yang diterjunkan di seluruh wilayah kerjanya. 

Personel Ini diturunkan untuk pengamanan stasiun di Jakarta serta daerah rawan gangguan keamanan dan ketertiban. Hal ini bagian dari antisipasi Mudik Lebaran 2024.

"Jumlah keseluruhan personel pengamanan tersebut tersebar mulai dari pasukan pengamanan di Stasiun-stasiun wilayah daop 1, di perkantoran daop 1, maupun di daerah rawan pada gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib)," kata Kepala Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan, Minggu (31/3/2024).

KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan antisipasi mudik lebaran selama 31 Maret 2024 hingga 21 April 2024. Beberapa persiapan itu berupa antisipasi sarana dan prasarana, pengamanan perjalanan kereta api dan di stasiun. Serta peningkatan keselamatan perjalanan kereta api.

Selain itu Daop 1 Jakarta juga menyiapkan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit dan crane pada titik yang ditentukan.

"Hal yang sama juga pada penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada lokasi yang ditentukan serta menempatkan petugas prasarana extra antara lain Petugas Jaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus)," kata Ixfan.

KAI juga terus melakukan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api masa mudik lebaran 2024, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan pemeriksaan lintas oleh management.

"KAI telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, terutama keselamatan pada perlintasan sebidang," tandas Ixfan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: