Sidang MK

Sidang MK Sengketa Pilpres Dimulai, 4 Menteri Siap Beri Keterangan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 05 April 2024 | 08:33 WIB
Empat menteri kabinet Presiden Jokowi bersaksi di sidang PHPU. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Empat menteri kabinet Presiden Jokowi bersaksi di sidang PHPU. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Empat menteri kabinet Presiden Joko Widodo hadir dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). Mereka adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, dan Mensos Tri Rismaharini.

"Agenda persidangan dari Mahkamah pada pagi hari ini adalah untuk mendengarkan keterangan dari empat kementerian tadi," ujar Ketua MK Suhartoyo saat sidang PHPU di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

"Nanti masing-masing dipersilahkan memberikan keterangan terlebih dahulu baru nanti para hakim melakukan pendalaman," sambungnya.

Setiap menteri diberikan waktu kurang lebih 20-25 untuk memberikan keterangan. Kemudian dilanjutkan pertanyaan dari para hakim serta para pihak.

"Kepada para pihak supaya tetap menjaga ketertiban persidangan sehingga ketika nanti sedang berlangsung penjelasan-penjelasan maupun tanya jawab dari hakim para pihak tidak melakukan interupsi," kata Suhartoyo.

Pada sidang PHPU ini, Muhadjir hadir ditemani Sekretaris Sekretaris Kemenko PMK Andie Megantara dan Deputi 1 Bidang Bansos Nunung Nuryantoro. 

Airlangga hadir membawa Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Staf Ahli Kemenko Perekonomian Elen Setiadi. 

Sri Mulyani hadir bersama Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dan Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata. 

Risma hadir bersama Plt. Sekjen Kemensos Robben Rico dan Stafsus Mensos Don Rozano Sigit Prakoeswasinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: