Iran Siap Hukum Israel atas Serangan di Konsulatnya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 08 April 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi Israel menyerang Konsulat Iran (Foto/VOA)
Ilustrasi Israel menyerang Konsulat Iran (Foto/VOA)

BeritaNasional.com - Iran siap menghukum Israel atas serangan mereka yang menewaskan tujuh petugasnya di kompleks Kedutaan Besar Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, minggu ini.

Televisi pemerintah memperlihatkan para demonstran membawa gambar orang-orang yang terbunuh dan membawa spanduk serta slogan-slogan seperti "Matilah Israel" dan "Matilah Amerika".

Korban yang tewas termasuk salah satu perwira penting Iran, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, seorang komandan senior Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) yang sedang mengunjungi kompleks Kedutaan Besar Iran di Damaskus pada Senin, 1 April lalu.

“Tidak ada tindakan musuh terhadap Republik Islam yang tidak dibalas,” kata Mayor Jenderal Hossein Salami, panglima IRGC, kepada massa yang berkumpul di Teheran. “Orang-orang pemberani kami akan menghukum rezim Zionis,” tambahnya.

Dikutip dari Antara, mantan komandan Garda Mohsen Rezaei, mengomentari kemungkinan pembalasan terhadap Israel. Ia mengatakan, "Keputusan telah dibuat. Ini pasti akan dilaksanakan," ujarnya.

Dikutip dari Antara pemimpin kelompok militan Palestina Jihad Islam, Ziad al-Nakhala, ikut serta dalam demonstrasi di Teheran. Mereka mengecam keras tindakan brutal Israel.

Serangan udara tersebut merupakan serangan paling berani dan paling mematikan dalam serangkaian serangan yang telah menewaskan pejabat Iran di Suriah sejak Desember.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: