Tak Mudik, Ini 5 Tempat Destinasi Wisata untuk Lebaran di Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 09 April 2024 | 17:31 WIB
Taman Margasatwa Ragunan. (Foto/Beritajakarta).
Taman Margasatwa Ragunan. (Foto/Beritajakarta).

BeritaNasional.com - Hari Raya Idul Fitri 2024 segera tiba. Warga DKI Jakarta yang tidak melakukan mudik dijamin tak akan merasa bosan.

Sebab, Pemprov DKI Jakarta kembali menggaungkan program Lebaran di Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf).

Disparekraf DKI Jakarta telah menyediakan berbagai macam destinasi wisata mulai dari museum hingga tempat rekreasi lainnya.

Berikut 5 daftar destinasi wisata yang ada di Jakarta. Untuk panduan lengkap dapat diunduh melalui https://s.id/GuidelineLebarandiJakarta2024.

1. Taman Impian Jaya Ancol

Berlokasi di Jalan Lodan Timur No. 7, Pademangan, Jakarta Utara. Bisa dituju dengan menggunakan bus Transjakarta nomor 5, 5D, 5E, dan 5H dengan turun di Halte Ancol atau menggunakan KRL dengan turun di Stasiun Ancol.

Di sini, pengunjung bakal menemui berbagai macam destinasi wisata lainnya, yakni Dufan, Seaworld, Samudera, Ecopark Ancol, Jakarta Bird Land, dan Pasar Seni Ancol.

2. Kota Tua

Destinasi yang merupakan pusat sejarah Jakarta dengan arsitektur kolonial Belanda dan berbagai atraksi budaya serta sejarah.

Berlokasi di Jl. Taman Fatahillah Pinangsia, Jakarta Barat. Dapat dituju dengan Transjakarta rute 1, 1A, 12 dan turun di Halte Jakarta Kota atau KRL turun di Stasiun Jakarta Kota.

3. Kawasan Monas

Monumen Nasional atau disingkat Monas adalah monumen yang didirikan untuk mengenang perlawanan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial.

Monumen ini berlokasi di Tugu Monas Gambir, Jakarta Pusat. Dapat dituju melalui KRL dengan turun di Stasiun Gondangdia atau Transjakarta rute 1, 1A, 2A dan turun di Halte Balaikota.

4. Taman Margasatwa Ragunan

Merupakan kebun binatang yang menampilkan berbagai spesies hewan dari dalam dan luar negeri, serta menyediakan kegiatan rekreasi dan edukatif.

Berlokasi di Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Jakarta Selatan. Dekat dengan Halte Transjakarta Ragunan yang dilewati oleh bus rute 6, 4H, 5N, 7E.

5. Museum Sejarah Nasional

Ruang Museum Sejarah berada di bawah permukaan halaman Tugu Monumen Nasional. Tempat ini memamerkan 51 diorama yang mengabadikan peristiwa sejarah sejak zaman perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan hingga masa pembangunan Orde Baru.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: