Lebaran 2024

Simak 6 Tips Aman Gunakan Lajur Contraflow

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 13 April 2024 | 08:06 WIB
Petugas memberi arah kepada pemudik yang melintas di Tol Cikampek. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Petugas memberi arah kepada pemudik yang melintas di Tol Cikampek. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubdat) Hendro Sugiatno menyampaikan perlunya tips aman bagi para pemudik yang menggunakan lajur contraflow, khususnya di tol Transjawa pada masa angkutan Lebaran  2024.

Hal itu diungkapkan setelah terjadi kecelakaan antara bus dan 2 minibus di lajur contraflow Km 58 + 600 ruas tol Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4).

"Pertama, apabila pemudik berada di lajur contraflow, pastikan kondisi kendaraan prima dan bahan bakar terisi penuh. Kedua, jika lajur contraflow lebih dari satu lajur, pastikan kendaraan tetap di lajur paling kiri kecuali pada saat akan mendahului," ujar Hendro dalam pernyataannya di Jakarta yang dikutip pada Sabtu (13/4).

Ketiga, bila terjadi kerusakan pada kendaraan, pengemudi dianjurkan berhenti di lajur paling kiri dan segera menghubungi pusat pelayanan petugas untuk meminta bantuan. 

Keempat, pastikan kecepatan kendaraan sesuai dengan yang telah ditentukan, jangan melebihi batas kecepatan karena akan sangat berbahaya.

Kelima, pengemudi juga diimbau menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya agar bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi. Jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.

"Keenam, menggunakan lajur contraflow perlu persiapan seperti kondisi tubuh yang fit dan konsentrasi yang penuh," paparnya.

Hendro menuturkan pengemudi yang kondisi tubuhnya tidak fit atau merasa kelelahan sebaiknya tidak memaksakan untuk menggunakan lajur contraflow. Utamakan untuk beristirahat terlebih dahulu di Rest Area ataupun tempat istirahat di luar tol.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: