Lebaran 2024

Antisipasi Kepadatan Arus Balik, Polri Berlakukan One Way secara Situasional

Oleh: Mufit
Sabtu, 13 April 2024 | 15:40 WIB
Penerapan one way di tol Cikampek. (Beritanasional/Elvis Sendouw)
Penerapan one way di tol Cikampek. (Beritanasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Korlantas Polri akan memberlakukan kebijakan one way atau satu arah secara situasional dari tol Kalikangkung hingga Km 66 Tol cikampek saat arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan kebijakan ini diberlakukan untuk mengurai kepadatan volume kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

"Untuk memecah kemacetan, one way akan diberlakukan situasional. Sehingga tol Kalikangkung akan menjadi titik awal one way," kata Aan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2024).

Lebih lanjut, Aan membeberkan beberapa titik krusial kemacetan selama arus balik Lebaran 2024. 

Dia mengungkap ada dua titik, yakni tol Kalikangkung dan Km 66 tol Cikampek.

"Ada salah satu titik krusial di Jawa Tengah ini, itu Kalikangkung imbas dari Banyumanik. Banyumanik dan terus ke belakang ada di Colomadu," ujarnya 

"Ini memang kita harus manage betul karena Banyumanik ini menjadi gerbang untuk para pemudik yang akan balik ke Jabodetabek atau ke arah barat dari Surabaya, Solo, Jogja, itu akan melalui Banyumanik," sambungnya.

Dia menjelaskan Km 66 Tol Cikampek merupakan pertemuan kendaraan dari arah Surabaya dan Cipularang, Bandung. Karena itu, one way akan diberlakukan secara situasional. 

"Ini juga menjadi titik krusial karena kemarin informasi prediksi dari teman-teman Jasa Marga, di situ VCR-nya setelah menggunakan rekayasa lalu lintas masih ada di 0,98," pungkasnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: