Komnas HAM Dorong Pemerintah Evaluasi Keamanan Papua

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 14 April 2024 | 14:50 WIB
Ilustrasi Papua (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Papua (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendorong pemerintah untuk mengevaluasi penanganan keamanan di Papua karena konflik yang terjadi belakangan. Hal itu diucapkan Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro untuk menyoroti situasi konflik, kekerasan, dan berbagai hal yang menyangkut HAM di bagian Timur Indonesia tersebut.

“Kami mendorong evaluasi di tataran operasi, komando dan pengendalian keamanan dalam penanganan setiap kekerasan bersenjata di Papua,” ujar Atnike dalam keterangan tertulis, Minggu (14/4/2024).

Menurut Atnike, evaluasi tersebut sangat penting untuk memperbaiki kebijakan keamanan di Papua. Meski demikian, ia tetap menghormati kewenangan pemerintah dalam merespons situasi di Papua.

Oleh sebab itu, Atnike mendorong pemerintah, TNI, dan Polri menggunakan pendekatan yang terukur dalam menghadapi konflik dan kekerasan di Papua. “Pelanggaran HAM dapat terjadi apabila Negara menggunakan kekuatan berlebih (excessive use of force),” tuturnya.

“Untuk itu, Komnas HAM mendorong agar pemerintah mengedepankan penegakan hukum terhadap setiap pelaku kekerasan di Papua dan serta perlindungan dan keadilan bagi para korban,” kata dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: