Badminton Asia Championships 2024

Hasil Badminton Asia Championships 2024: Jonatan Christie Raih Gelar Juara

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 14 April 2024 | 18:17 WIB
Jonatan Christie. (Foto/PBSI)
Jonatan Christie. (Foto/PBSI)

BeritaNasional.com - Jonatan Christie berhasil meraih gelar juara tunggal putra dalam ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2024 usai mengalahkan Li Shi Feng pada Minggu (14/4/2024). Jonatan berhasil menang dengan dua gim langsung 21-15 dan 21-16.

Pada gim pertama, pertandingan berjalan sangat sengit lantaran Jonatan dan Li Shi Feng saling mengejar poin, bahkan Jonatan sempat tertinggal dengan skor 4-6 dari Li Shifeng.

Jonatan yang bermain tenang pun bisa menguasai pertandingan dan bermain menekan pertahanan Li Shi Feng. Dia unggul di interval awal dengan skor 11-7 dari pemain asal China ini.

Pasca interval, Jojo—sapaan Jonatan— sempat unggul 15-11 dari Li Shi Feng. Namun, Jonatan melakukan kesalahan sendiri membuat keuntungan bagi Li Shi Feng, sehingga memperkecil skor menjadi 15-14.

Namun Jonatan yang merupakan juara All England 2024 enggan mengulangi kesalahan lagi. Dia pun, kembali mencuri pun sehingga memperlebar keunggulan dari Li Shi Feng menjadi 18-14. Jonatan terus menguasai jalannya pertandingan dan menutup gim pertama dengan skor 21-15.

Di gim kedua, Jonatan langsung memberikan tekanan kepada Li Shi Feng. Alhasil, Li Shi Feng pun kerap melakukan kesalahan dan memberikan poin bagi Jonatan.

Jonatan pun unggul jauh 6-3, sebelum akhirnya menutup interval gim kedua dengan skor 11-5 dari Li Shi Feng. Setelah itu, Jonatan kembali memperlebar jarak dengan Li Shi Feng menjadi 16-9.

Hanya saja, Li Shi Feng tidak mau menyerah begitu saja. Dia terus melakukan serangan kepada Jonatan dengan pukulan-pukulan kerasnya sehingga tak bisa dikembalikan dan memperkecil skor menjadi 19-15.

Walau terus ditekan, Jonatan mampu menetapkan shuttle kok di tempat yang ditidak bisa dijangkau oleh Li Shi Feng. Sampai akhirnya disaat  skor krusial 20-16, Li Shi Feng terus menakan Jonatan. Pemain asal China ini pun memberikan pukulan keras ke sisi kiri Jonatan dan linesman menyatakan masuk.

Tidak mau kehilang poin, Jonatan mengambil challenge. Hasilnya, kok dinyatakan out alias tidak masuk dan memberikan poin kemenangan kepada Jonatan. Gim kedua berakhir dengan 21-16 dan membuat Jonatan meraih gelar juara.

Gelar juara di Badminton Asia Championships melengkapi prestasi Jonatan yang sebelumnya menjadi juara dalam ajang All England 2024.
 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: