Piala Asia U-23

Deretan Kontroversi Wasit Nasrullo Kabirov saat Laga Qatar vs Indonesia di Piala Asia U-23

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 16 April 2024 | 09:22 WIB
Qatar vs Indonesia di Piala Asia U-23. (Foto/PSSI).
Qatar vs Indonesia di Piala Asia U-23. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia U-23 harus menelan pil pahit usai kalah dengan skor 0-2 dari Qatar di laga perdana grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024). Dua gol Qatar dicetak oleh Khaled Ali dan Ahmed Al Rawi.

Memang, secara hasil pertandingan Timnas Indonesia U-23 kalah dari Qatar. Hanya saja, ada beberapa kontroversi keputusan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov  yang merugikan bagi skuad Garuda Muda.

Kontroversi pertama terjadi di akhir babak pertama kala bek sekaligus kapten Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho yang dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Qatar, Mahdi Salem. Kabirov sempat memberhentikan laga dan berkomunikasi dengan asisten Wasit Video alias VAR apakah ada potensi untuk menghadirkan penalti.

Kabirov selanjutnya melihat tayangan ulang kejadian di layar VAR dan akhirnya memberikan penalti kepada Qatar. Khalid Ali Sabah yang menjadi eksekutor pun berhasil menunaikan tugasnya untuk menjebol gawang Ernando Ari dan merubah skor menjadi 1-0 bagi Qatar.

Di awal babak kedua, kontroversi kembali dilakukan oleh wasit Nasrullo Kabirov. Ia memberikan kartu kuning kedua alias kartu merah kepada Timnas Indonesia U-23 Ivar Jenner.

Nasrullo Kabirov menganggap Ivar mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai dengkul salah satu bek Qatar, Saifeldeen Hassan. Jika melihat dari tayangan ulang, kaki Ivar Jenner tidak mengenai kaki sama sekali.

Kontroversi lainnya datang lagi dari keputusan Nasrullo Kabirov setelah Saifeldeen Hassan melakukan pelanggaran keras kepada pemain Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman. Padahal saat berlari Nasrullo Kabirov terlihat sudah memegang kartu merah, namun dia meralat mengeluarkan kartu kuning dari sakunya Saifeldeen Hassan.

Para pemain Timnas Indonesia U-23 pun melontarkan protes kepada wasit Nasrullo Kabirov. Bahkan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong turut melemparkan protes juga dihadiahi kartu kuning oleh Nasrullo Kabirov.

Lebih lanjut, kontroversi yang dibuat Nasrullo Kabirov tidak berhenti sampai disitu saja. Saat pemain Timnas Indonesia U-23 Marselino Ferdinan menggiring bola dan dijatuhkan oleh pemain Qatar, wasit Nasrullo Kabirov tidak memberikan pelanggaran.

Lebih parahnya lagi, Nasrullo Kabirov tidak sama sekali melakukan pengecekan VAR sama sekali. Namun, saat pemain Qatar dijatuhkan ataupun berduel dengan pemain Indonesia ia sangat aktif melakukan pengecekan VAR.

Selanjutnya, Rizky Ridho dan kawan-kawan masih melakoni dua pertandingan lagi di grup A. Pada Kamis (18/4/2024), melawan Australia di Abdullah bin Khalifa Stadium dan Minggu (21/4/2024) menantang Yordania di stadion yang sama dengan laga versus Australia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: