Erick Thohir Protes ke AFC atas Kepemimpinan Wasit Nasrullo Kabirov

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 16 April 2024 | 12:30 WIB
Ketua PSSI Erick Thohir. (Foto: PSSI)
Ketua PSSI Erick Thohir. (Foto: PSSI)

BeritaNasional.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 merasa sangat dirugikan atas keputusan kontroversial wasit dalam laga kontra Qatar yang berakhir dengan skor 0-2 pada pertandingan grup A Piala Asia 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4).

Kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov dan wasit video assistant referee (VAR) Sivakorn Pu-Udom banyak merugikan Indonesia.

Salah satunya, berbagai kalangan mempertanyakan kartu merah yang diberikan wasit pertandingan kepada pemain timnas.

Buntut dari keputusan yang merugikan skuad Garuda Muda itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan pihaknya akan melayangkan protes ke AFC atas kepemimpinan wasit di laga antara Indonesia dan Qatar.

"Kami PSSI akan layangkan surat protes. Karena ada beberapa tadi, kartu merah Ivar, mestinya tidak kartu merah. Kami protes," ujar Erick di Doha, Selasa (16/4).

Menurut Menteri BUMN tersebut, PSSI punya otoritas menyampaikan protes resmi, apalagi ada beberapa episode dalam pertandingan yang merugikan timnas Indonesia.

"Kami sebagai federasi akan melayangkan protes terkait performa wasit. Kalian lihat seluruh rakyat Indonesia, netizen media sosial, semua sama kita. Karena mereka tahu, ini bukan game yang fair. Tapi kita masih punya dua game. Kami fight di atas lapangan," ujar Erick.

Erick berpesan di hadapan para pemain agar tidak terpengaruh atas kepemimpinan wasit di laga pembuka.

Menurut Erick masih ada dua laga tersisa di putaran grup bagi para pemain untuk tampil habis-habisan. 

"Jangan sampai game ini merusak fokus kalian. Kita belum selesai, masih ada dua game. Kita harus fight. Itulah kita. Tadi kalian main bersembilan, fight. Bersebelas harus bisa lebih fight. Masih ada dua game. Pada prinsipnya ini bukan akhir, kita masih punya dua game. Kita harus melawan balik," ujar Erick.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: