Starlink Masuk Ditengah Industri Telekomunikasi Tidak Sehat, Pengamat Ingatkan Ini

Oleh: Imantoko Kurniadi
Rabu, 17 April 2024 | 11:24 WIB
Starlink bakal uji coba Mei 2024 di IKN. (Foto/Starlink)
Starlink bakal uji coba Mei 2024 di IKN. (Foto/Starlink)

BeritaNasional.com - Starlink bakal menebar layanannya di Indonesia, diperkirakan perusahaan milik Elon Musk itu bakal menjalani uji coba Mei, dan mulai tersedia di ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, 17 Agustus 2024.

Kehadiranya pun dinilai bakal beradampak ke operator eksisting, terlebih menurut Sigit Puspito Wigati Jarot, Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), masuknya layanan internet berbasis satelit itu di tengah kondisi industri yang sedang tidak sehat.

"Beban regulasi sangat tinggi yang sudah sering dikeluhkan operator. Bahkan sebagian melihat jalan untuk survive dengan melakukan konsolidasi," ujar Sigit kepada BeritaIndonesia.com, Rabu (17/4/2024).

Ditengah tantangan tersebut, kemudian masuk pemain baru pastinya menimbulkan banyak pertanyaan. Dan ini menjadi salah satu tugas regulator untuk menjelaskan kondisi tersebut secara terang menderang.

"Memang regulator dalam hal ini kominfo harus mampu menjelaskan kepada publik. Bahwa menurut perspektif mereka peluang usahanya masih terbuka untuk pemain baru," katanya.

"Tanpa adanya kajian tersebut, langsung memberi izin kepada pemain baru, menjadi sebuah langkah yang kurang tepat secara regulasi telekomunikasi," papar pengamat yang juga CEO Cloudtech itu.

Sebagai catatan, sebelumnya Starlink hanya menyasar sektor business to business (B2B), melalui kerjasama Telkomsat dan Smartfren. Lalu Kini mereka juga akan membidik business to consumer (B2C), dengan mengikuti regulasi yang ada dan berlaku di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun menjelaskan Starlink bakal melakukan uji coba di IKN, dan memastikan bakal menjamin level of playing field industri telekomunikasi berlangsung baik.

"Starlink melakukan uji coba di IKN. Nanti kita tunggu saja, pokoknya semua level of playing field-nya sama, kita fair. Kita memberikan kesempatan kepada mereka untuk ikut tapi harus memenuhi semua regulasi yang ada dan berlaku di Indonesia," kata Budi di acara Halal Bihalal di Gedung Kementerian Kominfo, Selasa (16/4/2024).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: