Ma'ruf Amin Dorong Semua Pihak Bersinergi Cegah Stunting sejak Dini

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB
Wapres Indonesia Ma'ruf Amin. (Foto/Dok Setneg)
Wapres Indonesia Ma'ruf Amin. (Foto/Dok Setneg)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan pentingnya mencegah stunting pada anak sejak dini di tingkat keluarga.

Hal itu diungkapkan Ma’ruf pada Rakernas Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting 2024 di auditorium Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kompleks Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (25/4).

Menurut dia, gizi dan standar hidup sehat bagi calon ibu, ibu hamil, dan bayi harus terpenuhi. Pemeriksaan rutin ibu hamil, pemberian imunisasi, dan pemantauan tumbuh kembang anak di fasilitas kesehatan juga penting untuk dilakukan.

“Pemerintah Pusat dan daerah harus terus bersinergi untuk memastikan ketersediaan layanan kesehatan bagi keluarga di Indonesia dengan kualitas yang semakin baik,” tegasnya saat dikutip dari laman resmi Wapres pada Jumat (26/4).

Ma’ruf juga menginstruksikan seluruh pihak yang terkait dengan percepatan penanganan stunting bahwa target prevalensi stunting 14 persen yang ada pada RPJMN 2020-2024 segera dievaluasi. 

“Lakukan evaluasi menyeluruh terhadap program yang sudah dilaksanakan, baik terkait capaian, pembelajaran, maupun rekomendasi,” tuturnya.

Ma’ruf juga meminta dilaksanakan studi mendalam mengenai faktor perlambatan capaian penurunan kasus stunting di Indonesia.

“Saya minta faktor-faktor yang menyebabkan capaian penurunan stunting semakin melambat dalam dua tahun terakhir ini agar diidentifikasi dan dinavigasi,” ujarnya.

Wapres juga meyakini bahwa intervensi yang efektif saat ini adalah pencegahan kasus baru dan fokus kerja pada kebijakan yang memberikan daya ungkit besar.

“Fokuskan strategi dan pendekatan pada pencegahan terjadinya stunting baru, tanpa mengurangi intervensi pada anak stunting dan arahkan berbagai intervensi kebijakan pada hal-hal yang mempunyai daya ungkit tinggi,” tambah Wapres.

Wapres menyadari bahwa pencapaian target penurunan prevalensi stunting merupakan kerja bersama lintas lembaga dan sektor, sehingga memerlukan langkah- langkah strategis yang terintegrasi. Oleh karena itu, ia memberikan apresiasi atas capaiannya saat ini.

“Saya sampaikan apresiasi atas kerja keras Saudara-saudara selama ini dalam upaya meraih target yang sudah ditetapkan. Saya juga meminta peranserta dan kontribusi semua pemangku kepentingan, termasuk nonpemerintah, dalam mendukung capaian target penurunan stunting,” tutur Wapres.

Menutup arahannya, Wapres berpesan agar semua pihak dapat fokus dalam pembangunan dan peningkatan kualitas keluarga. Karena menurutnya, keluarga merupakan cerminan dari sebuah bangsa.

“Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat. Ulama menyebutkan bahwa keluarga adalah gambar yang diperkecil atau miniatur bangsa. Artinya, apabila keluarga itu baik, maka akan membangun bangsa yang baik pula, sehingga menjadi tugas kita bagaimana membangun keluarga yang bahagia, sejahtera, dan maju,” tutupnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: