Fakta-fakta Kemenangan Timnas Indonesia dari Korsel di Piala Asia U-23

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 26 April 2024 | 15:34 WIB
Timnas Indonesia vs Korsel di Piala Asia U-23. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia vs Korsel di Piala Asia U-23. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia berhasil menumbangkan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.  Kemenangan Indonesia atas Korsel melalui drama adu penalti dengan skor 11-10 setelah imbang 2-2 pada waktu normal dan perpanjangan waktu.

Laga Indonesia vs Korsel digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat (25/4/2024) dini hari WIB. Gol Indonesia diciptakan oleh brace dari Rafael Struick pada menit ke 15 dan 45+3. Sementar, gol Korea Selatan dilesatkan oleh Eom Ji Sung dan Jeong Sang Bin.

Terdapat sejumlah fakta menarik yang tersaji pasca Indonesia memulangkan Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Berikut BeritaNasional.com sajikan:

1. Lolos ke semifinal Piala Asia U-23 untuk pertama kali

Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan menjadi sebuah sejarah baru karena pertama kalinya skuad Garuda lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23

2. Hentikan Rekor kelolosan Korea Selatan di Olimpiade

Kekalah Korea Selatan dari Timnas Indonesia U-23 membuat langkah mereka untuk tampil di Olimpiade Paris 2024 harus pupus. Taegeuk Warriors—julukan Korsel—sejatinya langganan tampil di Olimpiade sejak tahun 1998.

3. Indonesia satu-satunya tim yang bobol gawang Korsel

Pertandingan Indonesia vs Korsel di Piala Asia U-23 berakhir dengan skor 2-2 di babak normal dan perpanjangan waktu. Namun, ternyata ada fakta menarik yakni hanya Indonesia satu-satunya tim yang berhasil membobol gawang Korea Selatan.

Sebab, selama babak kualifikasi Timnas Korsel belum sama sekali kebobolan. Tim seperti Jepang, Chnna dan Uni Emirat Arab tak berhasil menjebloskan si kulit bundar ke gawang Korsel.

4. Indonesia berpotensi lolos Olimpiade

Setelah memastikan berlaga di partai semifinal Piala Asia U-23 2024, Indonesia selangkah lagi bisa meraih tiket Olimpiade Paris 2024. Syaratnya, Indonesia harus bisa masuk ke babak final walaupun masih menanti lawan di babak semifinal antara Arab Saudi atau Uzbekistan.

Jika tak lolos ke partai final, Indonesia U-23 bisa meraih kesempatan lewat jalur perebutan juara ketiga di Piala Asia U-23. Atau cara lainnya adalah melalui jalur play off antar konfederasi yang di mana Wakil Asia akan bertemu dengan Wakil Afrika yang kini sudah dipastikan oleh milik Guinea.

5. Kemenangan ketiga Shin Tae-yong dari Hwang Sun-hong

Shin Tae-yong kembali menorehkan catatan positif saat berjumpa Hwang Sun-hong. Tercatat, pertemuan Shin Tae-yong dengan Hwang Sun-hong sebanyak 12 kali di level klub. 

Dari pertemuan itu, Shin Tae-yong hanya mampu menang dua kali dan hasil semalam menambah catatan positif bagi pelatih berusia 53 tahun itu.

Akan tetapi di level internasional, pertandingan dini hari tadi adalah yang pertama kalinya. Dan di duel pertama mereka di level internasional berhasil dimenangkan oleh Shin Tae-yong.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: