Piala AFC U-23 2024

Menang dari Arab Saudi, Uzbekistan Jadi Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 27 April 2024 | 08:04 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Uzbekistan U-23 dipastikan menjadi lawan Timnas Indonesia U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat setelah Uzbekistan mengalahkan Arab Saudi di babak perempat final Jumat (26/4/2024) WIB.

Bermain di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Uzbekistan menang dengan skor meyakinkan 2-0. Uzbekistan membuka keunggulan lebih dulu di laga ini pada masa injury time babak pertama. 

Umpan terobosan Abbosbek Fayzullaev bisa dikonversi Khusayin Norchaev menjadi gol. Norchaev lebih dulu melewati kiper sebelum mencetak gol ke gawang yang sudah tidak terkawal. Skor 1-0 keunggulan bagi Uzkbekistan.

Malang nasib Arab Saudi yang mengejar ketertinggalan malah harus bermain 10 orang di menit ke-70. Ayman Yahya dihadiahi kartu kuning mengangkat kaki terlalu tinggi ketika berduel dengan Abdurauf Bo’riyev.

Tentunya keunggulan tersebut dimanfaatkan oleh Uzbekistan dengan baik. Uzbekistan menambah keunggulan pada menit ke-84, melalui sepakan Alisher Odilov yang gagal diantisipasi dengan baik Abu Al Shamat, Rahmonaliev yang mendapatkan bola liar langsung menyundul bola ke sisi jauh dan membawa Uzbekistan unggul 2-0.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, Uzbekistan mempertahankan kedudukan 2-0 atas Arab Saudi. Atas kemenangan ini Uzbekistan memperoleh tiket menuju semifinal dan telah ditunggu Indonesia yang sebelumnya menyingkirkan salah satu kandidat kuat juara, Korea Selatan pada babak perempat final.

Pertandingan semifinal Piala Asia berlangsung pada hari Senin tanggal (29/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada pukul 21.00 WIB.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: