UI Duduki Peringkat Pertama di THE Asia University Rankings 2024, Keren

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 06 Mei 2024 | 21:00 WIB
Gedung Rektorat Univetsitas Indonesia. (Foto/UI)
Gedung Rektorat Univetsitas Indonesia. (Foto/UI)

BeritaNasional.com - Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama sebagai universitas selama tiga tahun terakhir versi Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2024.

Di level asia, peringkat kampus kuning ini turut  naik dari 251–300 menjadi 201–250. UI menjadi satu-satunya di antara 33 universitas di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan itu yang masuk dalam 20 besar universitas terbaik di Asia Tenggara.

Rektor UI Ari Kuncoro menyatakan THE Asia University Rankings tahun ini menerapkan perubahan metodologi pemeringkatan.

“Penelitian yang dilakukan para akademisi bukan lagi berfokus pada jumlah, melainkan kualitas riset. Universitas diharapkan dapat bekerja sama dengan berbagai mitra agar hasil penelitian dapat diimplementasikan menjadi inovasi, penciptaan nilai, dan dampak yang bermanfaat bagi masyarakat.,” ujar Prof. Ari dalam keterangannya yang dikutip dari Antara pada Senin (6/5).

Perubahan metodologi THE Asia University Rankings 2024 sejalan dengan perubahan metodologi THE World University Rankings, salah satunya terkait kualitas penelitian yang sebelumnya disebut sitasi atau kutipan. 

Langkah baru ini memberi gambaran yang lebih baik tentang jumlah penelitian berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh berbagai institusi.

Perubahan lain pada metodologi THE adalah penambahan metrik yang melacak seberapa sering penelitian universitas dikutip dalam paten, sebagai bagian dari pilar industri.

Ada lima aspek yang menjadi indikator pemeringkatan THE Asia University Rankings 2024, yakni Industry Income, International Outlook, Research Environment, Research Quality, dan Teaching.

UI memperoleh skor 51,9 untuk indikator Industry Income; 35,9 untuk Research Quality; dan 26,9 untuk Research Environment.

Sementara itu, UI mengalami kenaikan skor dari tahun lalu pada indikator International Outlook (dari 54,8 menjadi 60,3) dan Teaching (dari 46,6 menjadi 53,2).

THE Asia Rankings 2024 diumumkan saat acara THE Asia Summit 2024 yang berlangsung di Sunway University, Malaysia, pada 29 April–1 Mei 2024.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: