Harga Paket Internet Starlink Termahal Tembus Rp86 Juta per Bulan

Oleh: Imantoko Kurniadi
Rabu, 08 Mei 2024 | 12:12 WIB
Harga paket internet Starlink di Indonesia. (Foto/Starlink)
Harga paket internet Starlink di Indonesia. (Foto/Starlink)

BeritaNasional.com - Harga paket Starlink di Indonesia resmi meluncur. Berdasarkan pantauan di situs resminya, dipaparkan harga dari layanan internet berbasis satelit itu, dengan rincian harga yang terpantau cukup tinggi.

Termahal ada di paket yang berhubungan dengan layanan internet untuk kebutuhan maritim.

Yakni tembus Rp86.130.000 per bulan, prioritas mobile-5 TB. dengan harga paket terendah Rp4.345.000 per bulan untuk pilihan paket prioritas mobile-50 GB.

Adapun paket Maritim memiliki cakupan semua fitur mobile layanan global, penggunaan bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, serta dukungan prioritas. Cocok untuk tanggap darurat, maupun bisnis yang tak diam di tempat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa Starlink akan diluncurkan pertengahan Mei 2024.

"Secara resmi, kami akan meluncurkan Starlink dalam waktu dua Minggu dari sekarang," ujar Luhut dalam acara "Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth" di Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat (3/5/2024).

Sebelumnya, Luhut mengatakan peluncuran Starlink berdampak baik bagi Indonesia karena terdapat banyak blankspot di Indonesia yang membutuhkan akses ke internet.

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia bersama Starlink sudah menandatangani kesepakatan dan lisensi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan layanan internet berbasis satelit tersebut di Indonesia.

"Saya sudah berbicara dengan Elon Musk (pemilik Starlink) hari ini, tiga hari yang lalu. Kami akan melakukan sesuatu, namun belum secara resmi kami umumkan. Saya rasa, kami akan mengumumkan hal itu di Bali secepatnya," tandas Luhut.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: