SYL Umrah Dibiayai 5 Direktorat Kementan Senilai Rp 1 Miliar

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 09 Mei 2024 | 21:00 WIB
SYL dalam sebuah momen (Foto/Inst SYL)
SYL dalam sebuah momen (Foto/Inst SYL)

BeritaNasional.com - Eks Bendahara Pengeluaran Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Puguh Hari Prabowo mengungkap soal biaya perjalanan ibadah umrah Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dalam sidang perkara dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi SYL di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Puguh mengatakan biaya perjalanan itu mencapai Rp 1 miliar.

Menurutnya, uang yang digunakan SYL atas dalih umrah tersebut merupakan hasil kolektif dari lima direktorat yang ada di Kementan.

"Saya dipanggil dan mendapat arahan untuk mengumpulkan Rp 1 miliar untuk kegiatan Arab Saudi atau umrah Pak, bahasanya," ujar Puguh, Rabu (8/5/2024).

Puguh mengatakan, kelima direktorat Kementan harus patungan setidaknya Rp 200 juta untuk SYL beribadah.

"Satu miliar, per Direktorat diminta Rp200 juta kalau enggak salah," tuturnya.

Ia tak menjelaskan secara detail direkorat apa saja yang mengumpulkan dana tersebut. Meski demikian, ia mengatakan sekretariat tidak ikut urunan.

"Sekretariat uang atau anggarannya sudah tidak ada. Dan itu posisi, tidak ada yang mengajukan uang muka,” kata dia.

Puguh mengatakan, uang tersebut diminta Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Hermanto.

Setelah itu, Hermanto mengumpulkan uang-uang yang diperintahkan kepadanya kepada bagian umum. Namun, uang tersebut akhirnya dititpkan kepada Puguh.

“Karena bagian umum itu tidak punya brankas jadi dia menitipkan uang di brankas saya, posisisnya seperti itu Pak," ucapnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: