Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumatera Barat Bertambah Jadi 58 Orang

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 15 Mei 2024 | 11:34 WIB
Lokasi banjir bandang lahar dingin. (Foto/BNPB).
Lokasi banjir bandang lahar dingin. (Foto/BNPB).

BeritaNasional.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan korban jiwa dalam banjir lahar dingin dan longsor yang menerjang enam kabupaten dan kota di Sumatera Barat mencapai 58 orang.

Menurut Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, langkah penanganan darurat bakal diambil dalam menangani bencana kali ini. 

“Berdasarkan laporan, korban jiwa yang meninggal dunia akibat bencana tersebut tercatat menjadi 58 orang,” ujar Suharyanto dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu (15/5/2024).

Suharyanto mengatakan 58 orang tersebut terdiri atas 2 warga Kota Padang Panjang, 20 warga Kabupaten Agam, 19 warga Kabupaten Tanah Datar, 1 warga Kota Padang 1 orang, dan 8 warga Kabupaten Padang Pariaman dan lain-lain. 

Selain itu, Suharyanto mengatakan 27 orang hilang, 37 luka-luka, serta 3.396 mengungsi dari beberapa daerah.

 “Datanya akan berkembang terus. Untuk membantu mencari (korban) yang masih hilang, alat berat itu masuk harus secepat mungkin karena Basarnas punya golden time di 6 x 24 jam,” tuturnya.

Dia menegaskan BNPB bakal membantu pemulihan akses jalan darat dari daerah terdampak dengan alat berat, pembersihan material longsor, evakuasi korban, dan koordinasi dengan OPD terkait. 

“Kami akan tetap upayakan mencari sampai ketemu apabila ada pihak keluarga atau ahli waris yang minta tetap dicarikan ya kami harus cari," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: