Putin Siap Buka Dialog terkait Krisis Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 17 Mei 2024 | 10:00 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin siap buka dialog  (Foto/X President of Russia)
Presiden Rusia Vladimir Putin siap buka dialog (Foto/X President of Russia)

BeritaNasional.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, pihaknya terbuka untuk melakukan dialog terkait krisis Ukraina.

"Kami tidak pernah menolak untuk berunding," kata Putin dalam sebuah wawancara tertulis dengan Xinhua.

"Kami mencari penyelesaian yang komprehensif, berkelanjutan, dan adil atas konflik ini melalui cara-cara damai. Kami terbuka untuk berdialog tentang Ukraina, tetapi negosiasi semacam itu harus mempertimbangkan kepentingan semua negara yang terlibat dalam konflik, termasuk kepentingan kami," ujar Putin.

Terkait upaya-upaya China dalam penyelesaian politik krisis Ukraina, Presiden Rusia ini menyatakan pandangan positif terhadap posisi China.

Dikutip dari Antara, Kamis (16/5/2024), Putin mengatakan, China dengan jelas memahami akar permasalahan krisis Ukraina dan dampak geopolitik globalnya, sebagaimana tercermin dalam "Posisi China dalam Penyelesaian Politik Krisis Ukraina", sebuah usulan 12 poin yang dirilis oleh China pada Februari 2023.

Menurut Putin, konsep dan saran yang ditunjukkan dalam dokumen tersebut menunjukkan keinginan tulus China untuk menstabilkan situasi.

Putin menekankan bahwa empat prinsip untuk resolusi damai krisis Ukraina yang baru-baru ini diusulkan oleh Presiden China Xi Jinping sangat sesuai dengan dokumen yang disebutkan di atas.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: