Menerka Tugas Baru Megawati untuk Ahok, Jadi Calon Gubernur?

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 27 Mei 2024 | 08:42 WIB
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan dirinya sudah memberikan tugas kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun, apa tugas mantan Gubernur Jakarta itu, tidak diungkapkan.

Megawati bercerita, Ahok meminta kepada Megawati untuk diberikan tugas setelah tidak lagi menjadi Komisaris Utama. Presiden kelima RI itu pun sudah menyiapkan tugas.

"Sekarang beliau bersama kita sudah keluar dari pemerintahan lalu bilang pada saya 'ibu minta tugas', (saya bilang) oke, sudah ada tugasnya," kata Megawati saat pidato penutupan Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Bantu Pilkada

Sementara, Politikus PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama alias mengungkap apa tugas yang diberikan Ketua Umum PDI Perjuangan. Megawati ternyata meminta Ahok membantu menyiapkan Pilkada 2024.

"Saya belum tahu jelas tapi kalau perjanjian dengan ibu saya bantu teman-teman yang mau ikut Pilkada," kata Ahok ditemui di Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Dalam pembicaraan dengan Megawati, Ahok mengaku tidak ada pembicaraan mengusungnya maju di Pilkada.

"Saya sama ibu gak pernah ngomongin soal pilkada. Cuma ngomongin bantu teman-teman," kata Ahok.

Ahok menjelaskan tugasnya di Pilkada itu membantu para calon kepala daerah yang diusung PDIP. Ahok menangkap keinginan Megawati supaya mantan gubernur Jakarta berkeliling Indonesia memantau pemenangan pilkada di daerah-daerah.

"Saya mungkin ibu pengen saya keliling untuk supaya memastikan tidak ada masyarakat yang ada masalah, minta solusi, minta bantuan, enggak sampai gitu loh. Itu sih yang saya tahu," kata Ahok.

Diusulkan Maju di Pilgub

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara, Rapidin Simbolon, mengungkap bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok siap untuk maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara, menghadapi Bobby Nasution bila ditugaskan.  Hal itu disampaikan Ahok langsung kepada Rapidin.

"Dengan Pak Ahok saya sudah dua kali berkomunikasi, Pak kalau Anda diterjunkan di Sumut siap enggak bang, siap enggak Pak Ahok?" ujarnya ditemui saat Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

"Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut ke Papua juga saya siap. Itu jawaban kader sejati. Ini semua kader PDIP kemanapun kalau diperintah partai kita harus siap," kata Rapidin menirukan jawaban Ahok.

Sementara, Politikus PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku tidak paham mengenai permasalahan di provinsi Sumatera Utara. Hal itu menanggapi peluangnya maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara.

"Enggak lah. Saya juga enggak gitu paham Sumut juga," kata Ahok saat Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2025).

Namun, Ahok mengaku akan siap apabila memang ditugaskan partai. Ia memegang kedisiplinan berorganisasi.

"Saya enggak tahu. Kan Bung Karno udah ngajarin, kalau partai pelopor itu yang pertama disiplin organisasi, itu aja," katanya.

Sementara itu, Ahok tak menjawab dengan tegas apakah tertarik untuk maju di Pilgub Jakarta. Ia mengaku akan siap untuk membantu bila diminta.

"Pokoknya prinsipnya saya bantu aja, gitu aja," kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: