Terungkap! Kementan Kucurkan Dana Senilai Rp 850 Juta untuk Acara Bacaleg Partai NasDem

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 28 Mei 2024 | 11:13 WIB
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Elvis)
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Wakil Bendahara Partai NasDem sekaligus Staf Khusus Menteri Pertanian Joice Triatman mengatakan Kementerian Pertanian membiayai acara bakal calon legislatif (bacaleg) Partai NasDem.

Dalam sidang lanjutan kasus pemerasan dan gratifikasi eks Menteri Pertanian Syahrul Ysin Limpo (SYL), Joice mengatakan Partai NasDem mendapat uang Rp 850 juta untuk menggelar acara itu.

“Untuk pendanaan sebuah acara di Partai NasDem dalam rangka penyerahan formulir bacaleg DPR RI ke gedung KPU," ujar Joice di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

Joice mengaku mendapatkan perintah dari SYL untuk berkoordinasi dengan eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono yang merupakan terdakwa dalam kasus tersebut.

Menurut Joice, acara tersebut dilaksanakan di NasDem Tower. Mulanya, kata Joice, Kementan biaya yang diminta untuk dikeluarkan Kementan senilai Rp 1 miliar, namun disepakati Rp 850 juta.

"Di gedung Partai NasDem tahun 2023," tuturnya.

Dirinya mengaku tak mengetahui dari mana asal muasal anggaran Rp 850 juta tersebut. Meski demikian, ia memastikan uang tersebut berasal dari Kementan.

"Tidak tahu, yang jelas dari Kementerian Pertanian," kata dia

Menurutnya, para pengurus NasDem mengetahui uang Rp 850 juta itu berasal dari Kementan. Akan tetapi, dia mengatakan Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni yak mengatahui hal tersebut.

"Bendahara tidak mengetahui. Yang mengetahui waktu itu Sekjen Partai NasDem Pak Hermawi Taslim,” ujar Joice.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: