Warga Spanyol Antusias Kedatangan Panda dari China

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 01 Juni 2024 | 13:41 WIB
Ilustrasi panda (Foto/Pixabay)
Ilustrasi panda (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Para pengunjung Akuarium Kebun Binatang Madrid di Spanyol pada Kamis (30/5/2024) diperkenalkan dengan pasangan panda raksasa dari China. 

Panda pendatang baru ini disambut dalam sebuah upacara resmi yang dihadiri oleh otoritas dan para ahli dari kedua negara.

Panda raksasa berjenis kelamin jantan bernama Jin Xi dan panda raksasa betina bernama Zhu Yu, yang keduanya lahir pada 2020, tiba bulan lalu di kebun binatang tersebut menyusul pembaruan perjanjian perlindungan panda raksasa dengan Asosiasi Konservasi Margasatwa China (China Wildlife Conservation Association). Keduanya akan tinggal di Spanyol selama 10 tahun ke depan.

Pembaruan perjanjian ini diumumkan pada Februari lalu, ketika kebun binatang tersebut mengucapkan salam perpisahan kepada sebuah keluarga beranggotakan lima ekor panda yang kini tinggal di Pusat Penelitian dan Penangkaran Panda Raksasa Chengdu di Provinsi Sichuan, China barat daya.

Setelah kedatangan pasangan baru itu pada 29 April, mereka menyelesaikan masa karantina dengan lancar. Pasangan panda tersebut diawasi oleh tim teknis termasuk seorang perawat dan dokter hewan dari Chengdu yang akan berada di Madrid selama beberapa bulan ke depan guna memudahkan mereka beradaptasi, kata pihak kebun binatang.

Seorang pengunjung berusia 13 tahun bernama Martin mengatakan kepada Xinhua bahwa dia sangat tertarik pada panda karena mereka adalah spesies terancam punah yang perlu diestarikan.

"Saya suka cara mereka memanjat pohon dan cara mereka memakan bambu," ujarnya.
 
Dua ibu muda, yang bernama Cristina dan Nazare mengatakan, mereka telah beberapa kali mengunjungi panda dan sangat ingin menunjukkan Jin Xi dan Zhu Yu kepada anak-anak mereka.

Dikutip dari Antara, Sabtu (1/6/2024), Wali Kota Madrid Jose Luis Martinez-Almeida menyambut baik dua "tetangga baru" itu.

"Kami bangga menjadi tuan rumah bagi spesies unik ini dan berkontribusi terhadap pelestariannya," ujarnya pada upacara resmi tersebut.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: