Jordi Amat Kartu Merah, Timnas Indonesia Tunduk 0-2 dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 06 Juni 2024 | 18:06 WIB
Timnas Indonesia vs Irak. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia vs Irak. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia harus mengakui kekalahan dari Irak dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Merah Putih harus tunduk dengan skor 0-2 dari Irak. 

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024), Timnas Indonesia langsung berusaha mengurung lini pertahanan Irak. 

Bahkan skuad Garuda melakukan pressing tinggi hingga membuat lini pertahanan Irak sedikit panik. Indonesia membuat peluang di menit ke-20 usai Rafael Struick melakukan aksi individu. Namun, tembakannya masih bisa dihalau oleh pemain Irak. Sejatinya di sebelah kiri ada Shayne Pattynama yang berdiri bebas.

Irak hanya sesekali membangun  serangan yang merepotkan lini pertahanan Indonesia. Namun, masih bisa digagalkan oleh Jordi Amat yang menjadi tembok pertahanan Indonesia.

Indonesia seharusnya bisa menciptakan gol di menit ke-41 setelah Shayne Pattynama lolos dari kawalan di lini kiri kotak penalti Irak, kemudian memberikan umpan mendatar ke dalam. Akan tetapi bola yang diberikan tidak sampai ke kaki Rafael Struick dan disapu oleh Rebin Adhamat.

Skor 0-0 menutup babak pertama pertandingan Indonesia vs Irak.

Di babak kedua, Irak langsung menggencarkan serangan ke lini pertahanan Indonesia. Bahkan, Irak langsung mendapatkan hadiah penalti di menit ke-54 usai Justin Hubbner melakukan handball di kotak penalti.

Aymen Hussein berhasil menjadi eksekutor dan membawa Irak unggul 1-0 dari Indonesia.

Beberapa menit berselang malapetaka hadir bagi Timnas Indonesia usai Jordi Amat diberikan kartu merah di menit ke-59. Jordi Amat dianggap melakukan ganjaran kelas ke Youssef Wali Amyn di dekat kotak penalti.

Merespon hal tersebut, Pelatih Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian pemain. Pratama Arhan, Ivar Jenner dan Asnawi Mangkualam masuk menggantikan Shayne Pattynama, Thom Haye, Sandy Walsh.

Lagi-lagi Irak mendapatkan penalti di menit ke-74 setelah Ernando Ari melanggar Ali Jasim Elaibi saat berhadapan satu lawan satu. Namun, Aymen Hussein yang menjadi eksekutor gagal karena bola melambung tinggi di atas mistar gawang.

Namun, lima menit berselang Indonesia memberikan ancaman di menit ke-79 lewat aksi individu melawati dua bek Irak. Akan tetapi, kipe Irak Jalal Hassan bermain gemilang karena bisa menghalau bola yang melaju ke gawangnya.

Di menit ke-88 Ali Jasim mencetak gol ke gawang Indonesia usai Ernando Ari melakukan kesalahan. Mulanya, penjaga gawang andalan Timnas Indonesia ini mendapatkan back pass dari Asnawi, kemudian ia hendak menggocek Ali Jassim akan tetapi malah kerebut. 
Ali Jassim pun menceploskan si kulit bundar ke gawang yang tak dijaga oleh Ernando Ari. Skor 2-0 keunggulan bagi Irak.

Hingga peluit akhir dibunyikan wasit, skor 2-0 bertahan untuk keunggulan Irak atas Indonesia.  Dengan begitu,  Irak belum terkalahkan selama menjalani laga di Grup F Kualifikasi Piala Dunia zona Asia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: