Ini Alasan Ilham Habibie Terjun ke Politik

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 06 Juni 2024 | 17:38 WIB
Ilham Akbar Habibie. (Foto/Ahda)
Ilham Akbar Habibie. (Foto/Ahda)

BeritaNasional.com - Putra Presiden ketiga RI BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, mengungkap alasan akhirnya memutuskan terjun ke politik. 

Ilham didukung oleh NasDem sebagai bakal calon gubernur atau calon wakil gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024.

Ilham mengaku proses politiknya sangat cepat. Bahkan hanya kurang dari tiga pekan.

"Terus terang, kalau Bapak tanya kepada saya satu bulan yang lalu, saya belum punya rencana masuk ke politik. Tapi seperti memang banyak hal terjadi dalam hidup. Itu kadang-kadang perubahan datang mendadak sekali terus tiba-tiba satu bola yang bergulir pelan-pelan menjadi terjadi di sini," katanya saat menerima rekomendasi di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Ilham mengungkap, awalnya diusulkan untuk maju di Pilgub Jakarta. Hal itu disampaikan ketika berdiskusi dengan saudaranya.

"Jadi saya waktu itu diskusi sama saudara mereka katakan kepada saya atau satu orang sebetulnya 'kenapa ya Ham kamu enggak mencoba jadi gubernur DKI waktu itu ya' saya bilang 'wah saya kan bukan orang politik' begitu saya bilang," katanya.

Namun, Ilham ingin mencoba bertarung di dunia politik. Untuk melihat bagaimana respons masyarakat bila dirinya ikut terjun di pemilihan gubernur.

"Saya bilang 'ya tapi tidak apa-apa kayanya perlu yang tadi dikatakan perlu figur baru jadi saya bolehlah dalam bahasa inggrisnya 'taste water' jadi coba-coba dulu siapa tau responnya," katanya.

Setelah itu, Ilham mulai berdiskusi dengan banyak pihak. Hingga akhirnya melihat peluang untuk maju Pilgub Jawa Barat melalui Partai NasDem.

"Saya kemudian tidak tahu bagaimana, keliatannya saya ada peluang melalui NasDem. Jadi rupanya begitu di NasDem mulai kita diskusi itu cepat sekali. Ada komitmen dan akhirnya juga cocok dari sisi pemikiran dan lain sebagainya, sehingga kita sekarang berada disini ya dalam waktu tiga Minggu," kata Ilham.

Ilham mengatakan, Jawa Barat merupakan ujung tombak agar bisa mencapai cita-cita Indonesia emas. Karena itu, akhirnya memutuskan untuk maju di Pilgub Jawa Barat 

"Jawa Barat buat saya itu adalah seperti ujung tombak Indonesia emas. Kalau Indonesia mau jadi emas pasti Jawa Barat harus jadi emas juga atau bahkan terlebih dahulu," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: