Jelang Lebaran Idul Adha, Penjual Hewan Kurban di Jakarta Pusat Alami Peningkatan Omzet

Oleh: Mufit
Jumat, 07 Juni 2024 | 11:36 WIB
Penjual Hewan Kurban di Kemayoran, Jakarta Pusat. (BeritaNasional/Mufit).
Penjual Hewan Kurban di Kemayoran, Jakarta Pusat. (BeritaNasional/Mufit).

BeritaNasional.com - Hari raya Idul Adha menjadi momen yang ditunggu para peternak-peternak hewan kurban mulai dari sapi hingga domba atau kambing.

Di momen ini, harga pasaran hewan kurban mengalami kenaikan hingga dapat memberikan keuntungan dan tambahan pendapatan bagi peternak.

Salah satu penjual hewan kurban di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, bernama Ali mengaku sudah menjual sebanyak 50 ekor sapi dari calon pembeli.

"Sejauh ini yang sudah terjual sekitar 50 ekor sapi dan 10 ekor kambing, sementara itu ada juga yang masih melihat-lihat tapi belum deal," kata Ali kepada beritanasional.com saat ditemui di lapak jualnya, Jumat (7/6/2025).

Kendati begitu, Ali enggan untuk merinci nominal total penjualannya selama satu bulan lebih menjual hewan kurban. Dia hanya mengatakan, memperoleh omzet cukup lumayan.

"Kalau total penjualan kita belum tau, yang jelas omzet kita tahun ini alhamdulillah meningkat lah ya jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya. 

Ali mengaku sudah selama 5 tahun membuka lapak jualan hewan kurban di kawasan Kemayoran. Dia juga menyebut sudah mengantongi surat izin penjual hewan kurban dari pemerintah. 

"Kalau jalanan di sini sudah lima kali lebaran Idul Adha, berarti kalau dihitung sudah ada lima tahun juga, untuk surat izin kita sudah dapat dari pemerintah setempat karena kemarin bos sudah mengurusnya," tuturnya.

Ali mengatakan, harga hewan kurban yang dijualnya harganya bervariatif, untuk domba dimulai dari harga Rp3 juta hingga 13 juta.  Sedangkan sapi dimulai dari Rp18 juta hingga 27 juta. Ali memastikan hewan kurban yang dijualnya terhindar dari penyakit wabah. 

"Kalau harga kambing macam-macam ada yang R3 juta sampai dengan harga Rp13 juta. Kambing yang mahal itu ukuran paling besar, sementara untuk sapi kita jual dari Rp18 juta paling murah dan paling mahal Rp27 juta," ungkapnya. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: