Niat Puasa Dzulhijjah 10 Juni 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 10 Juni 2024 | 10:00 WIB
Ilustrasi puasa. (Foto/Freepik)
Ilustrasi puasa. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Ketika memasuki sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah seperti memperbanyak zikir, sedekah, membaca Al-Qur’an, dan berbagai macam amalan sunnah lain. 

Termasuk puasa sunah pada 1-9 Dzulhijjah, yaitu 8-16 Juni 2024. Sebab, Kemenag telah mengumumkan bahwa Iduladha jatuh pada 17 Juni 2024.

Rasulullah pernah bersabda bahwa ‘’tidak ada hari di mana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.”  

Hadis ini mengungkapkan anjuran untuk memperbanyak amal ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, amal ibadah apa saja. Seperti membaca Al-Qur’an, berdzikir, bertasbih, bersilaturahmi, dan berpuasa. 

Ibnu Hajar dalam buku Fath al-Bârî menjelaskan keistimewaan sepuluh hari pertama tersebut disebabkan pada hari itu terkumpul ibadah-ibadah utama, yaitu shalat, puasa, sedekah, dan haji. Sesuatu yang tidak ditemukan di bulan lain.

Niat Puasa Sunah Dzulhijjah 

Sebagaimana puasa pada umumnya, waktu niat puasa Dzulhijjah adalah pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. Berikut adalah lafal niatnya:   

1. Niat puasa pada 1-7 Dzulhijjah

Umat Islam dapat berpuasa pada hari ini, 10 Juni 2024, dengan niat berikut:

 

                                                                                                                                                    نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala.”sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: