Tahap Pemberangkatan Jemaah Haji Lancar, Menag: Kami Fokus Siapkan Layanan Terbaik

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 10 Juni 2024 | 11:00 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto/Kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto/Kemenag)

BeritaNasional.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tahapan pemberangkatan jemaah haji Indonesia berjalan lancar.

Jemaah haji Indonesia mulai berangkat ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024. Hingga kini, tercatat ada 209.934 jemaah haji dan petugas kloter (kelompok terbang) yang tiba di Arab Saudi. 

Mereka tergabung dalam 534 kloter. Sebanyak 229 mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. 

Sementara itu, 305 kloter mendarat di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Masih ada 19 kloter yang akan mendarat di Jeddah hingga 11 Juni 2024.

"Alhamdulillah keberangkatan jemaah sudah menjelang akhir. Sejauh ini semua lancar, kecuali beberapa penerbangan yang memang kita tahu ada masalah, khususnya dari Garuda Indonesia," sebut Menag setiba di Bandara Internasional Jeddah, Minggu (9/6/2024).

"Sekarang kami fokus mempersiapkan layanan terbaik yang bisa pemerintah berikan kepada para jemaah haji," sambungnya.

Menag menuturkan pihaknya bersama seluruh petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji. 

Koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi terus dilakukan. Yaqut bersyukur atas komunikasi dan respons baik dari pemerintah Arab Saudi.

"Komunikasi kami dengan Duta Besar Arab Saudi sangat baik. Bahkan, tadi sebelum saya berangkat kemari, kami masih berdiskusi di bandara dengan Pak Dubes, bagaimana kita membuat semacam hotline jika just in case terjadi sesuatu yang perlu direspons cepat," sebut Gus Men, panggilan akrabnya.

Diketahui, pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Zulhijah 1445 H bertepatan 7 Juni 2024. Wukuf di Arafah berlangsung pada 15 Juni 2024. Jemaah akan mulai diberangkatkan dari hotel di Makkah menuju Arafah pada 14 Juni 2024.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: